Mahasiswa Asal Kuansing Jadi Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta

Ikatan-Pelajar-Riau-Yogyakarta2.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU– Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta (IPR-Y) gelar Musyawarah Tahunan Anggota (MTA) IPR-Y 2020 dengan tema ‘Satu Suara dalam Musyawarah Menuju Riau Lebih Bermarwah’. MTA ini berlangsung selama empat hari sejak 28 Desember 2020.

Ketua Panitia MTA IPR-Y 2020, Syaidil Afwan mengatakan, kegiatan musyawarah ini berjalan lancar walaupun ditengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu agenda penting dalam musyawarah ini adalah pemilihan Ketua Umum IPR-Y.

“Musyawarah kali ini merupakan sidang pleno ke-IV dan hanya terdapat satu calon tunggal,” katanya.

Syaidil juga menyampaikan, satu calon tunggal dalam pemilihan Ketua Umum IPR-Y 2020 ini bernama Muhammad Alfathan yang merupakan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Fathan sendiri merupakan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Kecamatan Pangean Riau.

“Fathan ini kelahiran 4 Maret 1999,” ungkap Syaidil.

Dalam kata sambutannya saat terpilih sebagai Ketua Umum IPR-Y, Muhammad Alfathan mengatakan, organisasi IPR-Y ini ada sebagai promotor pariwisata, budaya, serta potensi daerah lainnya yang ada di Riau. Selain itu, sebagai penerus bangsa, negara, dan agama, organisasi ini diharapkan dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkarakter, dan mandiri.

Fathan juga mengatakan, pemimpin itu terlahir dari rasa sakit. Hidup dalam pengorbanan. Bertahan diantara perjuangan. Serta duduk bersama kebijaksanaan. “Sejatinya, kita semua adalah seorang pemimpin. Paling tidak pemimpin untuk diri sendiri,” pungkasnya.