Bila Boleh Memilih, Prof Akbarizan Lebih Berharap Jadi Pesuruh Ketua MUI Riau

Prof-Dr-H-Akbarizan.jpg
(Gagasan UIN Suska Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Musyawarah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau akan digelar pada akhir Desember 2020 ini. Salah satu nama yang mencuat adalah Prof Dr H Akbarizan MA MPd yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Fatwa MUI Pekanbaru. 

 

Akbarizan sendiri mengaku tidak mengetahui siapa yang memasukan namanya menjadi salah satu calon Ketua MUI Riau. 

 

 

 

Guru Besar UIN Suska Riau ini juga mengatakan biarlah  orang-orang yang  betul-betul dipercaya oleh masyarakat sebagai ulama. "Tugas ulama itu hampir sama seperti tugas nabi," ujarnya. 

 

Akbarizan juga menjelaskan, sosok seperti Ketua MUI Riau saat ini, Nazir Karim, Ketua MUI Pekanbaru, Ilyas Husti, Mustafa Umar, Mawardi Muhammad Soleh hingga Abdul Somad lebih layak memimpin MUI Riau.

 

Selain itu, menurut Akbarizan, biarlah ia menjadi orang suruhan Ketua MUI Riau, karena menjadi ulama itu berat dan dosanya jika melakukan kesalahan  akan dapat dua kali lipat. 

 

"Saya ini biarlah yang menjadi orang disuruh-suruh mereka, disuruh ini oke disuruh itu oke," ujarnya. 

 

 

Dari informasi yang dirangkum, saat ini ada tujuh nama yang masuk sebagai calon ketua MUI Riau, yakni, Nazir Karim, Ilyas Husti, Mustafa Umar, Saidul Amin, Akbarizan, Abd Rahman Qoharudin, dan Rusli Effendi.