Klinik Insani Gratiskan Pelayan Kesehatan Bagi Warga Kurang Mampu

Klinik-Insani2.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Di Jalan Soekarno Hatta no. 70 Kota Pekanbaru, Riau terdapat bangunan ruko sederhana yang merupakan kantor Lembaga sosial bernama Swadaya Ummah. Swadaya Ummah sudah aktif melakukan aksi sosial dan resmi menjadi lembaga sejak tahun 2003.

Swadaya Ummah menyediakan fasilitas berupa klinik bernama Klinik Insani. Klinik ini merupakan sebuah program unggulan dari Swadaya Ummah. Sebab diberlakukan gratis bagi orang tidak mampu.

Klinik Insani didirikan pada program Swadaya Sehat. Program ini merupakan bentuk layanan kepedulian kesehatan keluarga dhuafa.

“Klinik ini sudah lama ada sejak sekitar tahun 2008,” kata Nofriadi, Direktur Swadaya Ummah.

Berbagai pengobatan dapat dilakukan di Klinik Insani seperti pengobatan umum, periksa kehamilan, USG, persalinan normal, khitan, pemberian makanan tambahan dan nutrisi untuk balita.

Selain itu, terdapat pelayanan ambulan gratis khusus pengantaran jenazah, antar jemput pasien dan aksi kemanusiaan. Bahkan saat ini Klinik Insani sudah menyediakan layanan spesialis anak dan syaraf untuk keluarga dhuafa.

Mekanisme penerimaan pasien layak mendapatkan pelayanan klinik secara gratis harus mengisi formulir terlebih dahulu dan melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Kemudian akan disurvei oleh pihak Swadaya Ummah.

“Siapa yang butuh, nanti mereka mengajukan baru kita proses,” ujarnya.

Masyarakat yang sudah terdaftar akan mendapatkan kartu anggota. Sehingga akan memudahkan proses pengobatan selanjutnya jika sudah punya kartu anggota.

“Kartu sehat Swadayah Ummah Klinik Insani namanya,” jelasnya.

Klinik Insani juga menyediakan pusat farmasi. Bagi anggota yang sudah terdaftar sangat membutuhkan bantuan maka obat pun akan diberikan secara gratis.

“Jika memang tidak mampu akan kami beri gratis,” ucapnya