Rp30 Miliar untuk Pembangunan Islamic Centre Tahun 2021

islamic.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pekerja masih menggesa proses pengerjaan bangunan Islamic Centre di areal komplek Perkantoran Pemerintah, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Dinding bagian depan masjid itu sudah terlihat, dicat dengan warna putih. Ada juga undakan tangga di bagian samping. Kubah masjid Islamic Centre ini juga sudah terpasang.

Pengerjaan lanjutan fokus pada interior dari Islamic Centre. Mereka juga menuntaskan lapisan luar dari bangunan tersebut hingga akhir tahun ini.

Proses pembangunan Islamic Centre dipastikan bakal berlanjut. Rencana kelanjutan penyelesaian bangunan di areal Islamic Centre berlangsung tahun 2021.

"Kita lanjutkan untuk interior dan lapisan luarnya," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Ia menyebut, anggaran lanjutan pembangunan Islamic Centre mencapai Rp 30 Miliar. Sedangkan untuk tahun ini anggaran pembangunan mencapai Rp 29 Miliar.

Indra mengklaim bahwa proses pembangunan Islamic Centre tahun ini sudah rampung. Ia mengklaim bahwa kontrak tahun 2020 sudah rampung dengan total penyelesaian kontrak mencapai 99 persen.

"Sebentar lagi proses hand over dengan kontraktor. Tahun ini sebagian besar bangunan sudah rampung. Begitu juga dengan fasilitas pendukung aktivitas di sana," ujarnya.

Bagian keramik, tempat wudhu dan kubah sudah selesai. Bagian dinding dan undakan di bagian depan Islamic Centre sebagian besar sudah tuntas.

"Untuk shalat sudah bisa digunakan, tapi tetap pertimbangkan keselamatan. Sebab railling lantai dua dan tiga belum selesai," jelasnya.

Indra memprediksi masjid di Islamic Centre itu bakal berfungsi tahun depan. Apalagi pembangunan Islamic Centre ini sudah berlangsung sejak tahun 2017 silam.

Pembangunan diawali dengan pembangunan tiang pancang. Sedangkan tahun 2019 fokus membangun pondasi hingga menelan anggaran Rp 40 miliar.