Canggih, Aplikasi Lancang Kuning Bisa Pantau Pengamanan TPS

Dashboard-Lancang-Kuning2.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang biasanya digunakan untuk memantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau juga bisa digunakan untuk memantau pengamanan Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada Pilkada Serentak 2020.

 

Hal ini dibuktikan dengan tampilan Dashboard Lancang Kuning (DLK) yang memperlihatkan Lokasi TPS serta siapa anggota kepolisian yang menjadi pengawas di tempat pemilihan tersebut.

 

 

 

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan siapa saja anggota yang sudah berada di lokasi pengamanan TPS dan melaporkan kegiatan yang sedang berlangsung lewat Aplikasi DLK.

 

Kapolsek Kota Pekanbaru, AKP Stevie Arnold Rampengan menjelaskan secara rinci fungsi dan peran Aplikasi DLK dalam mengamankan TPS.

 

"Pada Aplikasi Dashboard Lancang Kuning ini, kita bisa memantau dan melihat anggota yang bertugas dan berjaga di lokasi TPS yang telah ditentukan," ucap Stevie kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 9 Desember 2020.

 

Selain itu, Stevie juga menjelaskan aplikasi Dashboard Lancang Kuning dalam jarak lebih kurang 200 dalam aplikasi ini terlihat adanya anggota polisi yang ikut dalam pengamanan TPS masing-masing.

 

"Dari 8618 TPS yang ada di Riau semua bisa kita monitor pada aplikasi Dashboard Lancang Kuning serta siapa saja Angota yang menjaga TPS pada setiap daerah," pungkasnya.

 

 

Pada layar aplikasi Dashboard Lancang Kuning semua daerah TPS yang tersebar di Provinsi Riau terlihat dan terdata, serta jika ada kejanggalan, anggota yang bertugas dalam menjaga pengamanan TPS bisa langsung melaporkan lewat aplikasi tersebut.