Ternyata Ini Penyebab Lonjakan Pasien Covid-19 dan Kematian Tenaga Medis

Ilustrasi-virus-Corona2.jpg
(dok. CDC/Dr. Fred Murphy via Wikimedia Commons))

RIAUONLINE, PEKANBARU - Divisi Advokasi dan Hubungan Eksternal Tim Mitigasi Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Eka Mulyana menegaskan masih ada orang yang menganggap apapun informasi mengenai Covid adalah hoaks atau hasil konspirasi. 

 

Namun, kenyataannya adalah virus ini benar-benar nyata dan telah memakan nyawa banyak orang dalam waktu cepat.

 

 

 

"Kami berharap apabila Anda termasuk orang yang tidak mempercayai adanya Covid ini, namun janganlah mengorbankan keselamatan orang lain dengan ketidakpercayaan tersebut," kata Dr Eka Mulyana, Sabtu, 5 Desember 2020, dalam rilis yang RIAUONLINE terima.

 

Ia mengatakan tingginya lonjakan pasien Covid, serta angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi peringatan kepada kita semua untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yaitu 3 M, selalu memakai masker, mencuci tangan,dan menjaga jarak.  

 

"Dengan mengabaikan protokol kesehatan, maka Anda tidak hanya mengorbankan keselamatan diri sendiri. Namun, juga keluarga dan orang terdekat termasuk orang di sekitar, pandemi ini akan berlalu dengan kerjasama seluruh pihak, termasuk Anda," ujarnya. 

 

Pihaknya dan tim mitigasi PB IDI secara khusus juga mengingatkan kepada para teman sejawat tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk waspada. 

 

 

"Tetap menjalankan SOP seperti dalam pedoman standar perlindungan dokter di saat melakukan pelayanan dan saat berada di keluarga dan komunitas," pungkasnya.