Beratkan APBD, PAN Keberatan Gubernur Berhutang Untuk Infrastruktur

Zulfi-Mursal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal keberatan dengan rencana Gubernur Riau, Syamsuar ingin melakukan pinjaman kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) guna melanjutkan pembangunan infrastruktur.

Zulfi meminta rencana peminjaman itu dijajaki kembali sebab berpotensi mengganggu APBD Riau di tahun-tahun berikutnya.

"Kami dari fraksi PAN meminta Pemprov memikirkan betul matang-matang tentang pinjaman itu. Karena nanti akan mengganggu postur APBD untuk tahun anggaran berikutnya. Bagi kami, saat ini masih belum dapat menerima, namun bukan artinya kami menolak," tambah Zulfi.

Ditambah lagi menurutnya, rencana menghutang tersebut sampai saat ini belum dibicarakan Pemprov Riau ke pihak Banggar DPRD Riau.

"Belum ada pembicaraan di Banggar. Kalau memang itu ada, itu pernyataan sepihak. Memang beberapa waktu lalu gubernur telah melakukan pertemuan dengan ketua-ketua fraksi, tapi saat itu baru sekadar penjajakan awal," katanya.

Atas hal ini ia meminta Pemprov membuka komunikasi dengan Banggar DPRD Riau sehingga keputusan yang lebih matang dapat dihasilkan.

"Karena akan menjadi beban APBD berikutnya. Nah sampai sekarang di Banggar belum ada membahas itu lagi. Nah, kalau memang itu dilakukan oleh Pemprov Riau, itu pasti akan menjadi perbincangan hangat di DPRD," ujarnya.

Ia menambahkan agar pinjaman tersebut juga harus dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk masyarakat tidak hanya untuk pembangunan.