Belum Sembuh, 113 Napi Masih Jalani Isolasi di Lapas Pekanbaru

Alfonsus-Wisnu-Hardianto3.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 113 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru masih menjalani isolasi mandiri di blok khusus karena positif Covid-19, Senin, 23 November 2020.

Sebelumnya, ada 449 napi dinyatakan positif corona, namun, 336 narapidana sudah dinyatakan sembuh dari virus asal Wuhan tersebut.

Walaupun sudah dinyatakan sembuh, tenaga medis di Lapas Pekanbaru masih lakukan pemantauan perkembangan kesehatan bagi narapidana sembuh dari Covid-19. Hingga saat ini, narapidana yang sembuh dari corona belum bisa dipindahkan ke hunian napi yang sehat.

Pelaksana Tugas Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Alfonsus Wisnu Ardianto, mengatakan,saat ini 113 narapidana positif Covid-19 masih menjalani isolasi mandiri di Blok A dan Blok F dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Masih terkonfirmasi positif dan sedang jalani isolasi di Blok F dan A,” ungkap Alfonsus.

Alfonsus, menambahkan, bagi narapidana sembuh dari Covid-19 saat ini belum bisa dipindahkan ke blok hunian narapidana sehat, karena perlu dilakukan pemantauan kondisi dan isolasi pasca sembuh dari Covid-19.

“Masih tetap di blok yang mereka tempati ketika terkonfirmasi positif Covid-19, kita  harus memantau perkembangan kesehatan para napi sembuh tersebut,” ujarnya.