Berawal dari Sepasang Cupang, Kini Andi Hasilan Puluhan Juta Per Bulan

Ikan-cupang2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Berawal dari sepasang ikan cupang, Andi Saputra hasilkan puluhan juta setiap bulannya dari ternak ikan cupang yang digelutinya di masa Pandemi Covid-19.

 Pengolola Ternak Ikan Cupang, Andi Saputra, mengatakan, dirinya hobi memelihara ikan cupang, terlebih di masa Covid-19 ini, permintaan ikan cupang banjir pesanan.

 

 

"Karena awalnya hobi, ditambah lagi pandemi covid-19, jadi permintaan ikan cupang meningkat," ucap Andi, Kamis, 19 November 2020.

Andi, mengaku, awalnya dia hanya memiliki sepasang ikan cupang, kemudia ia ternakkan hingga seperti sekarang.

"Alhamdulillah, sekarang ini ada  12 kolam pembudidayaan ikan cupang," tambahnya.

Berkat kegigihan dan keluetan Andi dalam beternak ikan cupang, kini dirinya bisa menghasilkan lebih dari 15 ribu ekor ikan cupang. Selain itu, ikan cupang milik Andi sudah dipasarkan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Andi, menjelaskan, penjualan ikan cupang ia lakukan melalui online di media sosial atau bisa langsung datang ke rumahnya, di Jalab Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

"Untuk penjualannya, kita melalui online dan ofline, bisa datang langsung ke rumah untuk membeli," ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk mengurusi peternakan ikan cupangnya, Andi memperkerjakan empat orang untuk membantunya merawat dan membesarkan ikan cupang.

"Ada empat orang pekerja, dua untuk mengurus pertenakan dan dua lagi mengurus penjualan," ucapnya.

Untuk harga ikan cupangnya Andi membanderol dari harga Rp150 Ribu hingga Rp 600 Ribu tergantung jenis ikan cupang tersebut.

"Untuk yang mahal bisa mencapai harga Rp1.500.000 rupiah," jelasnya.