Tak Cuma Berbagi Ilmu, Komik Riau Juga Kerap Gelar Kegiatan Sosial

Komik-Riau2.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komik Riau merupakan wadah bagi seniman komik khususnya komik strip (komik singkat) yang berada di Provinsi Riau. Komik Riau berusaha membantu mengembangkan potensi kemampuan anggota dan memperkenalkan karya yang telah dibuat.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2017 ini memiliki beberapa kegiatan.

Kegiatan utama Komik Riau adalah Gathering (kumpul bersama). Pada acara gathering anggota Komik Riau akan diajak berdiskusi, latihan dan belajar bersama untuk mengembangkan kemampuan, berbagi inspirasi dan menjadi ajang untuk saling mendukung karya satu sama lain.

Saat Gathering akan diadakan workshop belajar menggambar dengan pemateri berasal dari anggota Komik Riau. Pamateri akan digilir disetiap pertemuan sebab setiap orang memiliki ciri khas teknik menggambar.

“Melalui workshop juga akan melatih anggota untuk berani berbicara di depan umum,” ujar Aris, Ketua Komik Riau.

Kegiatan Gathering biasanya dilakukan rutin satu bulan sekali.

Untuk kegiatan tahunan rutin dilakukan saat memperingati hari jadi Komik Riau. Kegiatan yang dilakukan adalah pameran mini. Karya dipajang di pinggir trotoar jalan saat Car Free Day (CFD).

“Pameran biasanya kami lakukan di lokasi CFD,” ucapnya.

Namun, Komik Riau juga sempat melakukan pameran karya di Mall yang ada di Pekanbaru untuk menambah eksistensi seniman komik di Riau.

Selain itu, Komik Riau juga sempat melakukan aksi sosial bertajuk ngamen ilustrasi untuk membantu korban bencana asap di Riau. Kegiatan sosial dilakukan dengan menggalang donasi kepada masyarakat.

“Kami akan menggambar ilustrasi wajah orang yang sukarela mau berdoasi bersama kami,” ucapnya.

Tidak disangka, kegiatan ngamen ilustrasi ini didukung oleh seniman komik di seluruh Indonesia, sehinga kegiatan mencakup skala nasional.

“Banyak seniman Komik di Indonesia yang ingin ikut bergabung di acara ngamen ilustrasi,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ngamen ilustrasi Komik Riau mampu mengumpulkan donasi hingga sekitar Rp 7 juta. Dana yang terkumpul disumbangkan dalam bentuk pembagian masker, vitamin dan susu kepada masyarakat.

Bagi yang ingin mengetahui karya-karya seniman Komik Riau maka dapat langsung kunjungi Instagram @komikriau.