Terus Bertambah, 357 Napi di Lapas Pekanbaru Positif Covid-19

kanwil.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pekanbaru terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Setelah sebelumnya ditemukan ada 207 warga binaan yang positif Covid-19, informasi terbaru kembali ada penambahan sebanyak 150 warga binaan lagi positif Covid-19.

Sehingga total warga binaan di Lapas Kota Pekanbaru yang positif Covid-19 hingga Kamis 5 November 2020 mencapai 357 orang.

"Iya betul, yang kemarin ada 207, kemudian ada penambahan lagi hari ini sekitar 150 orang," kata Kepala Kanwilkumham Riau, Ibnu Chuldun usai menemui Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di rumah dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Kamis 5 November 2020.

Pihaknya mengaku sudah melakukan sejumlah persiapan dan antisipasi adanya lonjakan kasus Covid di lingkungan Lapas ini. Di antaranya adalah dengan menyiapkan blok khusus yang digunakan untuk isolasi warga binaan yang positif Covid-19 namun tidak bergejala.
Sedangkan bagi warga binaan bergejala sedang hingga berat langsung dirujuk ke rumah sakit dengan pengawasan ketat petugas Lapas.

Ibnu mengklaim jumlah blok yang disiapkan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 tersebut mampu menampung hingga 500 orang. Namun Ibnu tidak menjelaskan secara rinci seperti apa blok dan fasilitas apa yang ada di tempat tersebut.

"Tapi kalau ada penambahan 300 sampai 400 kita sudah siapkan blok untuk isolasi. Bahkan bisa menampung sampai 500 orang," ujarnya. (*)