Peningkatan Jumlah Pasien Covid-19 karena Bertambahnya Kesadaran Masyarat

Pasien-Corona47.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru masih terus bertambah hingga, Minggu 1 Oktober 2020, malam. Ada penambahan 25 kasus pada akhir pekan ini.

 

Total jumlah kasus positif Covid-19 pun bertambah menjadi 7.338 orang. Mayoritas sudah sembuh.

 

 

Jumlah pasien positif yang sembuh mencapai 5.797 orang. Sebanyak 1.388 pasien positif kini masih menjalani perawatan.

 

Kondisi ini memperlihatkan Kota Pekanbaru masih punya banyak kasus aktif. Kota ini pun menjadi satu zona merah penyebaran Covid-19.

 

Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut bahwa kasus positif Covid-19 yang masih meningkat setiap harinya memperlihatkan kesadaran masyarakat memeriksa kesehatan.

 

Adanya peningkatan kasus karena banyak pasien menjalani swab test secara mandiri. "Kasus terus terlihat karena masyarakat sudah menyadari dengan melakukan swab test mandiri," ujarnya.

 

Menurutnya, mayoritas kasus baru yang muncul berasal dari pasien swab test mandiri. Jumlah masyarakat yang swab tes secara mandiri cukup tinggi.

 

Apalagi banyak pihak perusahaan yang melakukan swab test terhadap pekerjanya di Kota Pekanbaru. Ia menyebut kebijakan perusahaan juga mulai menggelar swab test terhadap karyawan yang terindikasi Covid-19.

 

 

"Jadi kepedulian masyarakat secara umum di Kota Pekanbaru cukup tinggi mengikuti swab test," tuturnya.