Gubernur Apresiasi PT RAPP dan APR Peduli Penanganan Covid-19

Syamsuar26.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-PT ARPP dan APR komitmen membantu dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau covid-19. Perusahaan memberikan APD dan sembako untuk provinsi Riau dan kabupaten operasional perusahaan.

Guna mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona (COVID-19), PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pasific Rayon (APR) sebagai bagian kelompok RGE Indonesia turut memperkuat para pahlawan kesehatan di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi PT RAPP dan APR yang ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Riau. APD tersebut memang menjadi kebutuhan wajib bagi tenaga medis, yang terus berjuang menangani pasien COVID-19, yang tersebar di rumah sakit di Riau.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi PT RAPP dan APR, yang memberikan dukungan bantuan APD yang menjadi kebutuhan tenaga kesehatan, yang sekarang merawat pasien yang ada di Riau. Dengan adanya partisipasi ini, diharapkan dapat memberikan ketenangan terhadap tenaga medis yang menangani pasien COVID-19," jelasnya.

PT RAPP dan APR juga turut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19 dengan menyalurkan bantuan sebanyak 10.905 paket bahan makanan pokok. Paket bantuan berisi beras, minyak goreng dan mi instan itu diberikan kepada 176 desa di lima Kabupaten di Provinsi Riau. Di antaranya di Kabupaten Pelalawan, Siak, Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, dan Kampar.

Selain dari perusahaan, para karyawan dan paguyuban yang tinggal di Riau Kompleks turut mengulurkan tangan. Gerakan ini adalah inisiatif dari Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA) dan sejumlah paguyuban di Riau Kompleks, yang menggalang dana swadaya dari karyawan PT RAPP, PT APR dan unit bisnis lainnya.

Kemudian, berkoordinasi dengan Community Religious Affairs (CRA) RAPP, bantuan disalurkan berupa bahan makanan pokok kepada masyarakat. Total donasi karyawan per 11 Juni 2020 lalu terkumpul sebesar Rp128.531.000.

Warga Pangkalan Kerinci, Nining terlihat haru menyambut kedatangan Tim Peduli COVID-19 RAPP APR yang datang ke rumahnya. "Kami kesulitan membayar kontrakan dan listrik, untung saja ada yang membantu kami untuk makan," ungkap Nining yang juga harus merawat sang suami terkena lumpuh sejak 15 tahun lalu.

Seluruh bantuan yang disalurkan dan kesukarelawan para karyawan ini sesuai dengan yang diungkapkan Direktur RAPP, Mulia Nauli sebelumnya, bahwa sudah menjadi komitmen RAPP dan karyawannya membantu masyarakat yang terkena dampak COVID-19. "Kami terus membantu masyarakat, khususnya membantu masyarakat sekitar wilayah operasional dan konsesi perusahaan," ungkap Mulia Nauli.

Di awal kemunculan COVID-19, perusahaan grup APRIL ini telah mengambil langkah inisiatif pencegahan penyebaran virus corona. Langkah tersebut antara lain mengharuskan siapa saja yang datang dari luar negeri untuk mengisi formulir deklarasi kesehatan, memeriksakan kondisi suhu tubuh, melakukan sosialisasi dengan memasang poster, spanduk, dan saluran informasi lainnya, menyediakan alat pembersih tangan di lokasi kerja, dan menyediakan klinik khusus lengkap dengan alat thermal scanner.

Bupati Pelalawan, HM Harris mengapresiasi langkah antisipasi kewaspadaan penyebaran virus corona yang dilakukan PT RAPP Hal itu disampaikannya saat meninjau ruang pemeriksaan suhu tubuh (ruang thermal scanner) milik PT RAPP, di Pos 1, Jalan Lintas Timur, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

"Saya apresiasi langkah RAPP dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19, mengecek siapa saja yang keluar-masuk di daerah kita, terutama di komplek," ujar Bupati.