Facebook Paling Diminati Untuk Kampanye, Pengamat: Strategis Saat Pandemi

aidil-hariis.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Media sosial menjadi alternatif kampanye di Pilkada 2020 saat pandemi Covid-19. KPU memperbolehkan masing-masing tim pemenangan mendaftarkan 20 akun di media sosial.

Berdasarkan data KPU Riau, media sosial Facebook menjadi paling diminati oleh tim sukses. Secara keseluruhan terdaftar 432 akun Facebook oleh 34 tim pemenangan 34 Paslon se-Riau.

Pengamat Komunikasi Politik, Aidil Haris menilai karakteristik Facebook sangat strategis untuk menjadi media kampanye di masa pandemi ini.

"Pertama, penggunanya banyak, mulai dari pemilih kelahiran 80an sampai pemilih pemula menggunakan Facebook, fiturnya pun banyak," ujarnya, kepada RIAUONLINE melalui sambungan telepon, Kamis, 22 Oktober 2020.

Fitur-fitur seperti grup dan fanspage yang tidak ada di media sosial lain menjadi kelebihan Facebook. Interaksi antara tim sukses dan pemilih menjadi salah satu kunci kesuksesan kampanye media sosial.

Selain itu, kualitas konten yang disebar dapat menjadi faktor pembeda dan penentu arah suara pemilih.

"Konten yang menarik, kreatif, inovatif, edukatif bisa meningkatkan elektabilitas. Bisa saja yang tadinya netral menjadi tidak netral dan memilih karena ada sesuatu yang berbeda ketika melihat kampanye calon di media sosial," jelasnya.