Masih Pandemi, Atlet Popnas Riau Tidak Diseleksi

atlit.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 di Sumatera Selatan-Bangka Belitung tidak lagi dilakukan seleksi. Namun atlet yang akan mewakili Riau ditunjuk langsung oleh para pelatih yang akan mendampingi atlet tersebut.

Tidak dilakukannya seleksi terhadap atlet, karena beberapa iven yang seharusnya menjadi wadah seleksi atlet seperi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) sedianya digelar Juli 2020 lalu batal digelar. Begitu juga Popwil Sumatra gagal digelar karena wabah pandemi Covid-19.

Kabid Keolahragaan Dispora Riau Suhartoni mengatakan, sebagai ganti seleksi atlet, penetapannya diserahkan kepada masing-masing pelatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Apalagi para atlet PPLP masih tetap menjalani program latihan.

"Dispora tidak melakukan seleksi lagi. Atlet yang akan dikirim ke Popnas ditunjuk oleh pelatih," ungkap Suhartoni, Rabu 21 Oktober 2020.

Meski atlet Popnas dipercayakan kepada para pelatih untuk menunjuk langsung. Namun para pelatih juga diminta untuk mencari dan menunjuk atlet potensial yang berada di luar binaan PPLP.

Sementara itu, pada Popnas 2021 mendatang terdapat 24 cabang olahraga dipertandingkan. Masing-masing daerah diberi kesempatan untuk mengirimkan atletnya meskipun tidak lolos pada Popwil 2018 lalu.

"Cabang olahraga yang tidak lolos pada Popwil 2018 lalu, sudah disepakati boleh mengikuti Popnas 2021. Jadi diserahkan kepada daerah, sesuai dengan kemampuan masing-masing," terangnya.

Namun Dispora Riau hanya akan mengirimkan 23 cabor. Pasalnya satu cabor lagi yaitu voli pasir tidak memiliki atlet.