Jemi Ngadiono, Pria Putus Sekolah yang Dirikan Komunitas 1000 Guru

1000-Guru.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komunitas 1000 Guru merupakan komunitas bagi pemuda yang berjiwa sosial di bidang pendidikan. Program 1.000 Guru sudah memiliki cabang regional, satu di antaranya yaitu regional Riau.

 

Berdirinya komunitas 1000 Guru dipelopori oleh Jemi Ngadiono yang memiliki hobi travelling atau jalan-jalan sambil melihat kondisi pendidikan daerah yang ia kunjungi. 

 

 

Sebagai seorang yang putus sekolah saat SMA, ia tergerak untuk membantu anak-anak di pedalaman yang kualitas pendidikannya tidak setara dengan sekolah di perkotaan. 

 

Ketimpangan pendidikan yang Jemi lihat secara langsung saat travelling membulatkan tekatnya membentuk sebuah komunitas 1000 Guru sebagai wadah relawan untuk membantu membenahi pendidikan di Indonesia.

 

“Mulanya Jemi membagikan foto-foto sekolah di pedalaman melalui media sosial, ternyata antusias masyarakat sangat baik sehingga ia semakin bersemangat membangun 1000 Guru,” kata Rose, ketua 1000 Guru Riau. 

 

Program 1.000 Guru berdiri tahun 2012 dan mulai melebarkan sayap hingga ke Riau tahun 2015.

 

 

Pengurus 1.000 Guru sadar gerakan mereka perlu ada di setiap penjuru Indonesia sehingga saat ini 1000 Guru sudah terbentuk di setiap Provinsi. 

 

“Awalnya kegiatan 1000 Guru hanya ada di Pulau Jawa, tetapi para relawan sadar bahwa di Provinsi lain juga pasti ada sekolah yang perlu dibantu,” ungkapnya.

 

Saat ini sudah ada 49 regional yang tersebar di Indonesia.

Ini menunjukkan tingginya antusias anak muda yang peduli akan pendidikan di Indonesia.