Speedboat yang Ditumpangi Kepala Desa Nyaris Karam, Penumpang Lompat ke Laut

Speedboat-karam.jpg
(Riau Online)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebuah speedboat nyaris Karam diperairan Dusun Anak Ayam, Desa Sungai Tohor Barat, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Selasa 6 Oktober 2020 pagi.

Kapal yang berangkat dari Desa Kepau Baru tujuan Selatpanjang tersebut nyaris karam setelah menabrak kayu yang terapung. 

Video proses evaluasi penumpang kapal speedboat Kepau Jaya tersebut sempat ramai di media sosial dan aplikasi chatting sekitar pukul 09.00 WIB pagi.

Ternyata beberapa di antaranya merupakan para kepala desa di Kecamatan Tebing Tinggi Timur yang hendak ke Selatpanjang.

Petugas Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas II Selatpanjang, Suharto kepada awak media mengatakan speedboat yang nyaris karam tersebut bermula karena mesin kapal tersangkut kayu.

Sehingga menyebabkan air masuk ke dalam kapal.

"Mesin kapal tersangkut sekeping papan ukuran 2x8 meter, sehingga air menyembur masuk kedalam kapal. Karena mengira kapal akan tenggelam para penumpang langsung panik dan nekat melompat ke laut," ungkapnya.

Meski sebagian penumpang sempat lompat ke laut, namun semuanya selamat.

Tidak lama setelah kejadian para penumpang dievakuasi ke pelabuhan terdekat.

Air yang merembes masuk ke dalam kapal juga telah dikuras. 

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi di pelabuhan terdekat, tepatnya di kilang sagu. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan kapal sudah bisa beroperasi kembali," tambah Suharto.