Awas Penipuan! Beredar Akun Facebook Mirip Milik Wali Kota Firdaus, Cek di Sini

Akun-facebook-firdaus.jpg
(istimewa)

Laporan: Laras Olivia 

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aksi akun palsu mengatasnamakan Walikota Pekanbaru terjadi lagi.

 

Para pengguna akun Facebook di Kota Pekanbaru kembali harus waspada. Baru-baru ini ada akun palsu milik Walikota Pekanbaru, Firdaus.

 

Informasi Riau Online, akun Facebook palsu itu menggunakan nama Hi Firdaus Fir.

 

Pemilik akun meminta pertemanan ke sejumlah pengguna Facebook di Kota Pekanbaru.

 

Pemilik akun palsu mengaklaim bahwa dirinya merupakan Walikota Pekanbaru. Ia juga memasang foto profil dan sampul dengan potret dari Firdaus.

 

 

Ada dugaan ini untuk meyakinkan pengguna Facebook lainnya. Pada kolom identitas diri juga menyebut pernah belajar di universitas negeri ternama.

 

Pihak Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Pekanbaru mengingatkan para pengguna Facebook. Mereka menyebut ada akun baru dengan nama Hi Firdaus Fir. 

 

"Lengkap dengan foto sampul dan profilnya memakai potret Walikota Pekanbaru," ujar Kepala Diskominfosantik Kota Pekanbaru melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Mawardi, Minggu 27 September 2020.

 

Menurutnya, akun tersebut bukanlah akun pribadi dari Firdaus. Ia mengimbau agar pengguna Facebook bisa  mengabaikan permintaan dari akun tersebut.

 

"Abaikan permintaan atau info dari akun tersebut," ucapnya.

 

Tak hanya sekali, oknum tidak bertanggung jawab pernah dua kali nekat mencatut nama Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT di akun Facebook.

 

Aksi serupa sempat terjadi pada Februari 2019 silam dan April 2020 lalu. Ada pelaku menggunakan akun Facebook palsu untuk meminta sejumlah uang. 

 

 

Oknum tersebut membuat akun Facebook palsu Firdaus. Pelaku menggunakan foto profil akun yang sama dengan Facebook asli Firdaus MT.