Maju Pilkada, Indra Gunawan Eet dan Zukri Pamit di Sidang Paripurna

paripurna-virtual.jpg
(sigit)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

RIAUONLINE, PEKANBARU - DPRD Riau menggelar rapat Paripurna bersama Pemprov Riau pada 21 September 2020. Rapat digelar secara virtual. Hanya Gubernur Riau, Syamsuar, ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet, Wakil Ketua DPRD Riau, Zukri serta ketua-ketua fraksi yang terlihat hadir.

Pada kesempatan kali ini terdapat tiga agenda sidang yang dibahas yakni penyampaian pandangan umum fraksi terhadap rancangan perda tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil provinsi Riau tahun 2020-2040.

Penyampaian pendapat kepala daerah terhadap Raperda tentang penyelenggaraan investasi pemerintah daerah, serta penyampaian pandangan umum fraksi tentang perubahan atas perda no 21 tahun 2018 tentang penyelenggaraan kesehatan.

Pandangan umum tentang Raperda Zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau terpencil serta perubahan raperda penyelenggaraan kesehatan langsung diserahkan kepada Gubernur Riau tanpa dibahas. Sementara tanggapan tentang Raperda penyelenggaraan investasi daerah dibacakan secara singkat.

Diakhir sidang 2 pimpinan DPRD Riau yang hadir yakni ketua DPRD, Indra Gunawan Eet dan Wakil Ketua DPRD dari fraksi PDI-P, Zukri menyampaikan permintaan maaf dan pengunduran diri sebagai anggota DPRD.

Hal ini dikarenakan keduanya akan maju pada Pilkada serentak. Penetapan pasangan calon (paslon) akan dilakukan pada 23 September 2020 dan dilakukan pencabutan nomor urut, pada 24 September 2020.

"Kami mohon maaf kepada bapak ibu yang hadir maupun melalui video, kali ini benar yang terakhir," ucap Eet.

"Atas nama pimpinan DPRD saya pamit, mohon maaf atas segala kekhilafan kami sebagai pimpinan," timpal Zukri.

Diketahui, Eet akan maju di Pilkada Bengkalis, bersama anggota DPRD Bengkalis Samsu Dhalimunte Sementara Zukri akan maju di Pilkada Pelalawan bersama mantan ketua DPRD Pelalawan, Nasaruddin.

Selain keduanya, anggota DPRD Riau yang akan maju antara lain wakil ketua DPRD Riau dari fraksi Demokrat, Asri Auzar, Anggota fraksi PKB, M. Adil, anggota fraksi Gerindra, Husni Thamrin, serta anggota franksi PAN, Komperensi.