Mengenal Nusa Waluya II, Rumah Sakit Apung Pertama di Atas Air

RSA-Nusa-Waluya3.jpg
(Riau Online)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II merupakan rumah sakit di atas air berbentuk tongkang pertama di dunia.

Nusa Waluya II merupakan RSA ketiga doctorSHARE yang berkolaborasi dengan PT Multi Agung Sarana Ananda (MASA).

Rumah sakit apung ini akan menjadi tempat fasilitas perawatan kesehatan tingkat lanjut yang membutuhkan perhatian khusus bagi pasien kemudian dirujuk ke RSA oleh puskesmas setempat.

RSA diharapkan dapat membantu masyarakat yang tinggal di daerah perairan, rumah yang terpencil sehingga dapat menyusuri perairan yang kemudian dapat menjadi solusi pemerataan layanan kesehatan.

RSA Nusa Waluya II dirancang dengan tujuan program pelayanan jangka panjang, bisa menyediakan layanan kesehatan primer serta lanjutan, dan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat serta tenaga medis setempat

Dengan fasilitas setara rumah sakit Tipe C di darat, pelayanan kesehatan menjadi lebih dekat dengan masyarakat baik di wilayah perairan maupun kepulauan.

Keberadaan RSA Nusa Waluya II akan mendukung fasilitas kesehatan milik pemerintah di daerah yang disinggahi.

Akses perawatan lanjutan semakin mudah dan perawatan primer seperti Puskesmas akan diperkuat perannya dengan keberadaan RSA Nusa Waluya II.

Jadi, bagi warga Pekanbaru yang berada disekitar lingkungan PT Persero Pelindo agar dapat memanfaakan RSA ini dengan maksimal.