KAMI Riau Segera Dideklarasikan, Dimotori Hj Azlaini Agus dan Tokoh Riau Lainnya

KAMI-Riau.jpg
(Riau Online)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah organisasi massa di Riau menginisiasi gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Riau.

Pertemuan antar organisasi ini dilangsungkan di gedung Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) Rabu, 16 September 2020.

Sejumlah organisasi massa di Riau, seperti Front Pembela Islam (FPI), Front Pembela Lancang Kuning (FPBLK), Muhammadiyah, dan beberapa ormas lain bersepakat untuk mendeklarasikan gerakan KAMI Riau dalam waktu dekat.

Sekertaris KAMI Riau, H Azmi Rozali menyebutkan bahwa KAMI Riau dimaksudkan sebagai gerakan moral untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan agar tetap sesuai dengan Pancasila dan cita-cita pendiri bangsa Indonesia.

"KAMI Riau adalah gerakan moral untuk mempertahankan Indonesia sejauh yang kita mampu. Kita bersama-sama bersatu dalam gerakan untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan agar tetap sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa dan agar pancasila tetap ditegakkan sesuai sila-sila yang ada"

Gerakan ini dimotori oleh sejumlah tokoh-tokoh Riau di antaranya Hj Azlaini Agus, Prof Dr Muchtar Ahmad, dan tokoh-tokoh representatif dari ormas dan kebudayaan termasuk Muhammadiyah, MUI, FPI.

Direncakan deklarasi nanti akan dihadiri oleh tokoh Deklarator KAMI pusat yakni mantan KSAD, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang dijadwalkan akan melakukan orasi kebangsaan. 

Deklarasi sendiri akan direncanakan pada awal Oktober dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna meminimalisir penyebaran Covid 19. 

"Deklarasi akan kita laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan termasuk pengaturan jarak, penggunaan masker, cuci tangan dengan air dan penggunaan hand sanitizer. Dalam hal pandemi ini tidak ada perdebatan antara masyarakat dan pemerintah, kita menghormati komitmen pencegahan Covid 19" tutup Azmi.