RSUD Arifin Achmad Bentuk tim Hospital Disaster Plan, Apa Tugasnya?

Nuzelly-Husnedi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAU ONLINE,PEKANBARU - Menghindari adanya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau, membentuk tim Hospital Disaster Plan atau kebencanaan rumah sakit, Minggu, 6 September 2020.

Tim ini dibentuk untuk membantu Kepala RSUD Arifin Achmad, dr. Nurzelly Husnedi dalam membuat keputusan terkait penanganan pasien Covid-19 di RSUD Arifin Achmad, tim ini diketuai oleh kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD), RSUD Arifin Achmad.

"Mereka melakukan analisis untuk membantu saya mengambil keputusan penanganan Covid-19," Ucap dr. Nurzelly Husnedi.

Nurzelly menambahkan, jika nanti ditemukan adanya petugas kesehatan yang terpapar Covid-19, pihaknya akan memisahkan tenaga kesehatan tersebut dan segera melakukan isolasi.

"Tim ini akan langsung memberi tahu saya jika ada petugas medis yang terpapar Covid-19 dan saat itu juga langsung saya pisahkan dan kami lakukan penelusuran," Kata Nurzelly Husnedi.

Selanjutnya, sebagai rumah sakit pusat rujukan, RSUD Arifin Achmad tidak bisa menutup pelayanan, petugas medis selalu siap siaga menerima pasien terkonfirmasi positif Covid-19.