Harimau Sumatera Mati Akibat Terlilit Jerat Sling

neukropsi-harimau.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAU ONLINE,PEKANBARU - Harimau Sumatera yang ditemukan mati di sekitar kawasan Hutan Produksi tak jauh dari PT. Seraya Sumber Lestari, Kabupaten Siak, kuag dugaan akibat jerat yang tersangkut di pohon.

Kepala Bidang Wilayah II Konservasi Sumber Daya Alam, Heru Sutmantoro mengatakan, saat dilakukan neukropsi atau bedah bangkai ditemukan satu jerat yang melilit leher harimau.

"Berdasarkan analisis, jerat itu terbawa oleh harimau karena lokasi ditemukannya harimau dengan lokasi dipasangnya jerat letaknya berbeda, sehingga kayu di jerat itu tersangkut dipohon dan melilit leher harimau hingga mati," Kata Heru Sutmantoro.

Dari hasil neukropsi yang dilakukan tim medis dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, ditemukan adanya kawat sling di bagian lehar yang menyebabkan kematian harimau. Saat ditemukan kondisi bangkai harimau sumatera ini sudah rusal karena telah mati sekitar 10 hari.

Kabid Wilayah II KSDA menambahkan, di Riau permasalahan utama terkait satwa liar adalah banyaknya jerat di habitat alami satwa liar tersebut.

Selanjutnya, BBKSDA meminta kepada seluruh perusahaan perkebunan di Riau untuk melakukan patroli penyisiran dan pembersihan jerat di kawasan yang rawan orang tidak bertanggung jawab memasang jerat demi kelangsungan hidup satwa liar di Provinsi Riau.