Mengkhawatirkan, Ruangan Covid-19 di RSUD Arifin Achmad dan Eka Hospital Penuh

swab.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapasitas tempat tidur untuk perawatan pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad dan Rumah Sakit Eka Hospital, sudah Penuh. 

Penuhnya kedua rumah sakit tersebut tak terlepas dari meningkatnya jumlah pasien COVID-19 di Riau selama bulan Agustus 2020, mulai tanggal 1 hingga 30 mencapai 1.200 kasus positif.

"RSUD Arifin Achmad sudah penuh, Rumah Sakit Eka Hospital penuh, menyusul Rumah Sakit Awal Bros sedikit lagi akan penuh," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi.

Ditambah lagi, rekor baru penambahan hari ini, Minggu, 30 Agustus 2020, berjumlah 134 kasus positif COVID-19, jumlah terbanyak sejak wabah ini masuk Riau.

Ia khawatir rumah sakit yang ada di Riau tidak bisa menampung pasien isolasi jika penambahan kasus positif semakin meningkat dari hari ke hari.

Alasannya, kapasitas ruang isolasi di seluruh rumah sakit di Riau hanya sekitar 710, dan terpakai sudah mencapai 400-an tempat tidur.

"Total jumlah pasien dirawat hingga hari ini tersebar pada rumah sakit ada di Provinsi Riau lebih kurang 400 pasien," kata Indra Yovi.

Sebelumnya, Minggu, 22 Maret 2020, Gubernur Riau, Syamsuar, menjanjikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyiapkan 1.000 tempat tidur khusus untuk pasien corona di Riau.

Untuk memenuhi target 1000 bed pasien tersebut, Pemprov Riau akan memanfaatkan sejumlah gedung di Riau yang bisa dijadikan untuk ruang perawatan pasien suspek corona.

Sejauh ini sudah ada sejumlah gedung yang sudah ditinjau oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan jajaranya.

Di antaranya Gedung Embarkasi Haji Provinsi Riau, kemudian Gedung Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi. Terakhir Gedung Sekolah Polisi Negara (SPN) Polisi Daerah (Polda) Riau di Rumbai.

"Kita akan persiapkan gedung-gedung yang ada di Pekanbaru ini untuk perawatan pasien corona. Target kita minimal 1000 bed yang akan kita siapkan khusus untuk pasien corona ini," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar disela peninjauan Gedung Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau Jalan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Minggu, 22 Maret 2020.