Jokowi Pilih Sapi Milik Anggota DPRD Pekanbaru untuk Sapi Kurban di Riau

Rois.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sapi milik anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Partai Keadilan Sosial (PKS), Rois terpilih menjadi sapi sumbangan Jokowi.

Rois memanf dikenal sebagai juragan sapi dan juga kambing di Kota Pekanbaru.

Sapi jenis Simental dengan bobot 897 Kilogram miliknya dipilih Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI untuk dikurbankan dalam peringatan hari raya Idul Adha di Provinsi Riau.

Rois menceritakan proses awal sebelum Setneg RI memilih sapinya.

Terlebih dahulu Dinas Peternakan Provinsi Riau dan juga Kota Pekanbaru mendatangi peternakannya untuk dilakukan survey.

"Dilakukan  (survey) beberapa kali, bahkan tim kesehatan dari Kota Bukittinggi juga didatangkan untuk mengecek sapi ini. Termasuk juga feses dan juga darah sapi,'' katanya.

Setelah dilakukan survey dan berbagai cek kesehatan juga sudah dilalui, beberapa hari kemudian Rois mendapatkan telepon dari Setneg bahwa sapi miliknya telah lolos seleksi dari tiga sapi yang di survey.

"Pertama sapi saya jenis Berangus yang memiliki bobot 879,5 kilogram, dan Simental 879. Selain itu ada sapi milik peternak lain memiliki bobot 817 kilogram," katanya, Selasa 28 Juli 2020.

Beberapa hari kemudian ada beberapa kriteria dari sapinya yang kurang sempurna untuk sekelas presiden.

"Sebagai bentuk tanggungjawab moral saya, saya cari pengganti. Sapi yang ini sebenarnya sudah diklop untuk orang lain, dan kandangnya juga berbeda. Jadi itu yang kita sodorkan dan kembali dilakukan serangkaian tes, sapi jenis Simental dengan bobot 897 kilogram ini yang dipilih dan usianya 3,2 tahun," terangnya lagi.

Sapi miliknya yang sudah dibeli oleh Jokowi ini akan diserahkan ke Masjid Agung An-Nur Pekanbaru dan akan disembelih pada hari Minggu 2 Agustus 2020.