Kembali Berstatus Zona Merah, Pemko Gelar Swab Massal di Puskemas Rejosari

swab5.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kembali meningkatnya kasus positif covid-19 di Pekanbaru bikin statusnya kembali menjadi zona merah.

Asisten I Setdako Pekanbaru, Azwan mengatakan ada penambahan 9 kasus positif covid-19 per 28 Juli 2020 di Provinsi Riau.

"Penambahan kasus positif belakangan ini, kebanyakan belum diketahui penyebabnya. Masyarakat juga makin abai terhadap protokol kesehatan," terang Azwan.

Dalam satu kesimpulan rapat Muspida dan tim gugus tugas Senin lalu, Pemko melaksanakan rencana aksi demi menggalakkan kegiatan pencegahan penularan covid-19.

"Kita kembali untuk mengoptimalkan kegiatan yang sebelumnya juga sudah kita lakukan, ini juga akan melibatkan stakeholder terkait" tambahnya.

Pemko Pekanbaru akhirnya menggelar rangkaian kegiatan rapid tes dan swab massal di Puskesmas Rejosari, Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, Rabu 29 Juli 2020.

Target rapid tes dan swab masing-masing 300 orang.

Selain itu, ada pula penyemprotan disinfektan di sekitar kawasan Puskesmas Rejosari.

Masyarakat datang secara mandiri posko-posko rapid tes dan swab.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, masyarakat diberi nomor antrian.

"Saya sendiri belum ada riwayat perjalanan ke luar kota, hanya dapat informasi di sini ada tes rapid dan swab masal, saya masih harus menunggu hasil 3 sampai 4 hari dan lumayan cemas," ungkap Andana usai proses tes swab.