Jangan Khawatir, PMI Pekanbaru Punya 5000 Kantong Darah

donor-darah-RAPP.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Warga Pekanbaru diminta tidak khawatir soal stok darah di Kota Pekanbaru. PMI Kota Pekanbaru memastikan pasokan darah terjamin. Pasokan darah yang tersedia di PMI Pekanbaru berkisar 4.000-5.000 kantong.

"Kita pastikan pasokan darah selalu antara 4.000 hingga 5.000 kantong," terang Ketua PMI Kota Pekanbaru, Muhammad Noer Rabu 17 Juni 2020.

PMI tidak bisa memastikan jumlah pasokan yang ada setiap hari. Ia menyebut ada penambahan dan pengurangan setiap harinya.

Noer hanya memastikan jumlah pasokan yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan kantong darah di Kota Pekanbaru. Pasokan yang tersedia tidak cuma bagi warga di sekitar kota ini.

Pasokan darah yang ada juga bagi pasien yang menjalani perawatan medis di Kota Pekanbaru. Mereka mendapat pasokan darah dari PMI Kota Pekanbaru.

Noer menjelaskan, kebutuhan darah setiap bulannya mencapai 6.000 sampai 7.000 kantong. Jumlah ini untuk memasok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kalau sebulan, kebutuhan darah berkisar 6.000 kantong hingga 7.000 kantong darah," ujarnya.

Noer pun mendorong agar berbagai pihak rutin menggelar aksi donor darah. Adanya aksi donor darah oleh berbagai pihak dan instansi bisa menambah kebutuhan darah