Pesawat Tempur Jatuh, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Dijadwalkan ke Pekanbaru

Pesawat-tempur-jatuh3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara (Kapentak Lanud) Roesmun Nurjadi, Letkol Sus Zukri mengatakan, Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, langsung ke Pekanbaru, Senin 15 Juni 2020.

Kedatangan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ini terkait insiden jatuhnya pesawat tempur jenis Hawk tak jauh dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

"Mohon kepada awak media berkenan informasi 1 pintu, Kasau akan datang ke Pekanbaru," kata Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri.

Kapentak menjelaskan, untuk keterangan resmi mengenai insiden jatuhnya pesawat tersebut akan disampaikan langsung oleh KSAU.

"Mohon berkenan untuk keterangan nanti akan kita adakan door stop," kata Kapentak.

Sebelumnya, Asap hitam masih membumbung tinggi ke langit serta api masih membakar pesawat tempur TNI AU diduga jenis Hawk di perumahan warga sekitar Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin 15 Juni 2020.

Pesawat tempur jatuh

Pesawat tempur yang jatuh di Kubang, Pekanbaru, Senin 15 Juni 2020/Istimewa

Wahyu, saksi mata menceritakan kepada RIAUONLINE.CO.ID, ia melihat parasut jatuh ke tanah.

"Pilot selamat. Saya lihat kursi lontar dan parasur mengembang dan jatuh ke tanah, tak jauh dari lokasi pesawat jatuh," kata Wahyu.

Insiden diduga pesawat tempur milik TNI AU jatuh di permukiman warga, Kubang, Pekanbaru, Senin pagi, 15 Juni 2020, sekitar pukul 07.30 WIB.

Seorang saksi mata, Wahyu menceritakan, ia kaget saat perumahaannya ramai dengan orang. Dari kejauhan terlibat asap hitam membumbung tinggi ke angkasa.

"Saya pas antar anak sekolah, pas pulang, sudah ramai orang. Infonya pesawat jatuh, jenis Hawk," jelas Wahyu.

Hingga kini, perumahaan tersebut sudah dijaga oleh personel TNI AU yang datang langsung ke lokasi.