´╗┐

Pasien Positif Covid-19 Bertambah, Pernah ke Medan hingga Tarutung

dr-Mulyadi.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kasus konfirmasi positif Covid-19 kembali bertambah 1 orang di Pekanbaru, sehingga total kasus positif hingga Selasa 9 Juni 2020 menjadi 42 orang.

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Mulyadi mengatakan satu kasus tambahan tersebut yakni TJM, perempuan usia 40 tahun, warga Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dari penelusuran yang dilakukan, terang Mulyadi, pasien TJM memiliki riwayat perjalanan cukup banyak. Yang mana pada 29 Februari 2020, pasien diketahui melakukan perjalanan ke Medan, Sumatera Utara.

"Pasien lebih kurang 3 minggu berada di Medan," ungkapnya saat memberi keterangan pers, Selasa sore.

Kemudian pada 13 Maret 2020, pasien bertolak dari Tarutung, Sumut menuju ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau menggunakan mobil pribadi dan sampai di Taluk Kuantan pada tanggal 17 Maret 2020.

"Di taluk lebih kurang 2 bulan di sana," ucapnya.

Selanjutnya pada tangggal 5 Juni 2020, pasien TJM berangkat dari Taluk Kuantan menuju Kota Pekanbaru menggunakan travel pribadi. Dalam perjalanan, pasien diketahui singgah di SPBU perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

"Sampai di Pekanbaru langsung dilakukan pemeriksaan rapid test di Awal Bros, hasilnya reaktif. 5 Juni dilakukan swab, hasilnya dinyatakan positif covid," papar Mulyadi.

"Jadi untuk tambahan ini masih kasus impor," ulasnya seperti yang dilansir dari pekanbaru.go.id

Sementara itu, pasien positif ke-41 yakni HW, laki-laki usia 46 tahun, warga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, sudah dinyatakan sehat dan dipulangkan.

"Jadi total kasus konfirmasi positif sampai hari ini berjumlah 42 orang, dimana 37 di antaranya sudah sehat dan pulang, 1 masih dirawat, 4 meninggal dunia," urai Mulyadi.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah sebanyak 5 orang menjadi 624 orang, dengan rincian 534 sehat dan pulang, 24 masih dirawat dan 66 meninggal dunia.

"Untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) hari ini juga bertambah 3 orang, sehingga total ODP 5.976 orang. 5.867 sudah selesai pemantauan, 109 masih dipantau," tutupnya.