Pelabuhan Sungai Duku Segera Beroperasi, Jumlah Penumpang akan Dikurangi

penumpang-sungai-duku.jpg
(Rico)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pelabuhan Sungai Duku akan segera beroperasi. setelah Perwako terbit. Nantinya pengoperasian pelabuhan akan menerapkan potokol kesehatan, khususnya jumlah penumpang. 

"Tanggal 8 Juni ini direncanakan beroperasi, namun belum. Karena surat edaran nomor 25 Kementerian Perhubungan mengenai arus mudik telah berakhir. kemungkinan besok," ujar Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku, Atria, Senin 8 Juni 2020.

Sebagaimana diketahui, pekan lalu UPT Pelabuhan Sungai Duku sudah melakukan rapat bersama stakeholder yang ada. Diantaranya, Tim Gugus Tugas, KSOP, KP3, KKP, dan yang berkepentingan dalam pelaksanaan perjalanan transportasi laut, seperti pihak operator kapal.

Dalam pengoperasian Pelabuhan Sungai Duku ada regulasi yang harus diikuti operator kapal dalam menerapkan protokol kesehatan.

Seperti pembatasan penumpang yang tadinya 100 persen sekarang hanya bisa mengangkut penumpang 50 persen dari kapasitas kapal.

Ia tak menampik, ada beberapa operator kapal yang merasa keberatan terkait aturan itu.

"Operator mengaku biaya perjalanan mereka tidak tertutupi. untuk saat ini menurut saya penumpang pun tidak ada yang berangkat. seperti saat psbb, penumpang terdata tidak sampai 50 persen," ungkapnya seperti yang dilansir dari Pekanbaru.go.id.

Namun, ditegaskannya, saat ini masih menunggu Perwako terkait teknis operasional pelabuhan sebagai acuan. Bagaimana teknis pelaksanaan pelayanan di fasilitas umum termasuk di pelabuhan.

"UPT Pelabuhan siap untuk melaksanakan aturan new normal," tutupnya.