Beras PLN Hanya untuk Payung Sekaki, Kepentingan Menantu Walikota?

Doni-Saputra.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Doni Saputra mempertanyakan peruntukan beras dari Corporate Social Responsibilities (CSR) PLN yang diberikan hanya untuk Kecamatan Payung Sekaki.
 
"Kemarin kita memang menemukan ada itu (beras 6 ton), ada 600 karung disana. Kalau memang diperuntukkan ke warga Payung Sekaki, sejauh ini belum ada infonya di masyarakat," kata anggota DPRD Dapil Payung Sekaki-Senapelan ini, Jumat, 29 Mei 2020.
 
Namun dari kunjungan sidak ke gudang PT SPM kemarin, disampaikan Doni, dirinya tidak diberitahu oleh petugas gudang bahwa beras ini hanya diperuntukkan ke Kecamatan Payung Sekaki saja.
 
"Memang isunya penyalurannya itu untuk wilayah tertentu saja, saya minta jangan-lah begitu," ujarnya.
 
Doni mempertanyakan alasan pasti PLN memilih Payung Sekaki sebagai tempat penyaluran bantuan ini. Sebab, ia khawatir nanti ada kecemburuan di tengah masyarakat Kota Pekanbaru.
 
"Kenapa hanya wilayah sana saja? Kalau wilayah lain tahu, bagaimana ini nanti? PLN kan ada kantor juga di tempat lain? Apakah ini karena ada yang memandai-mandai atau ada kepentingan politik, kita tidak tahu juga," jelasnya.
 
Kepentingan politik yang dimaksud adalah, Payung Sekaki merupakan Dapil dari Menantu Walikota Pekanbaru, Firdaus yakni Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi Gerindra Plus, Ginda Burnama. 
 
"Kita lihatlah nanti, kami juga tidak mungkin tinggal diam. Apa maksudnya ini? Kami akan terus mengawasi (penyaluran) ini," tutupnya.
 
Sebelumnya, penemuan beras dari PLN sebanyak 6 ton ini menjadi perhatian oleh DPRD Pekanbaru. Apalagi berdasarkan pengakuan Ketua RW Siaga, Anis Murzil beras ini diperuntukkan untuk program lumbung pangan warga.
 
Masih menurut Anis, PLN juga berpesan agar bantuan ini diberikan ke Kecamatan Payung Sekaki saja. Makanya, Anis harus bermusyawarah dengan RW di Payung Sekaki yang jumlahnya 48 RW sebelum mendistribusikan ke setiap RW.
 
"Besok kita rapat dengan RW, lurah dan camat jam 10. Apakah kita bagi rata ke mereka atau RW yang banyak masyarakat miskinnya dapat porsi lebih," katanya, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Sementara menurut Humas PLN, Usman, alasan pihaknya memberikan bantuan Beras ukuran 10 kg ini karena Payung Sekaki merupakan tempat kantor PLN berdomisili.
 
"Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak akibat Pandemik Covid-19 yang berada di Kota Pekanbaru khususnya sekitar kantor PLN UIP3BS yang berada disekitar kecamatan Payung Sekaki," katanya.