Ini Hasil Penelusuran BBKSDA Riau Tentang Informasi Penampakan Harimau di Danau Kahyangan

Petugas-menyusuri-Danau-Kahyangan-Pekanbaru-mencari-jejak-Harimua.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menurunkan personil Polisi Kehutanan ke kawasan Danau Kahyangan, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Jumat 13 Maret 2020. Sebelumnya pada Kamis 12 Maret 2020, beredar informasi munculnya penampakan Harimua di lokasi tersebut.

Kasubag Kehumasan Balai KSDA Riau, Dian Indriati mengatakan, Kepala Balai telah memerintahkan petugas untuk dilakukan pengecekan kebenaran informasi tersebut.

"Kepala Balai KSDA Riau, meminta Kepala Bidang KSDA Wilayah 2, bapak Heru Sutmantoro memerintahkan anggota Polisi Kehutanan atas nama Jaya Sitorus dan Deddy Saputra Hasnur untuk turun ke lokasi mengecek kebenaran berita tersebut," katanya.

Setelah dilakukan pengecekan, petugas tidak menemukan tanda-tanda kemunculan Harimau Sumatera, seperti yang diinformasikan masyarakat.

"Tim melakukan pencarian informasi kepada masyarakat terkait kemunculan satwa Harimau sumatera, baik itu informasi jejak maupun sisa kotoran," sebutnya.

Menurut laporan petugas di lapangan terkait keberadaan Harimau dikatakan Dian, berawal dari informasi dari pemancing di kawasan danau Kahyangan yang melaporkan ke masyarakat dan kemudian dilaporkan kepada Balai BKSDA Riau.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat terkait kemunculan Harimau, masyarakat tersebut mengatakan bahwa informasi di peroleh dari masyarakat yang memancing ikan di sekitar danau Kahyangan. Sedangkan masyarakat di sekitar danau Kahyangan sendiri tidak menemukan jejaknya apalagi melihat kemunculan satwa tersebut. Mereka hanya mendapatkan berita dari pemancing," Kata Dian.

Tidak puas dengan informasi yang didapatkan, petugas mencari jejak kaki Harimau hingga ke bukit Panorama Alam Impian yang berjarak sekitar 15 Km dari Danau tersebut.

"Petugas tetap melakukan pencarian jejak, namun tidak menemukan adanya jejak satwa Harimau sumatera di sekitar danau Kahyangan dan bahkan bukit Panorama," Kata Dian.

Untuk meredam keresahan masyarakat, dikatakan Dian, petugas melakukan sosialisasi terkait satwa Harimau sumatera dan memberikan kontak person apabila nantinya masyarakat menemukan atau melihat langsung keberadaan atau jejak dari satwa Harimau Sumatera tersebut.