Inilah Penilaian Kolega Menantu Gubernur Syamsuar Usai Dilantik Jadi Pejabat

Gubernur-Riau-Drs-Syamsuar-MSi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/DISKOMINFOTIK)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menantu Gubernur Riau, Syamsuar, yang dilantik sebagai Kepala Seksi Retribusi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Tika Rahmi Syafitri, menjadi sorotan koleganya sesama pegawai di Bapenda. 
 
Pasalnya, sebelum dilantik sebagai pejabat Eselon IV, Tika merupakan staf biasa di kantor yang sama. Bagi istri Muhammad Andri Syamsuar ini, hari ini, Rabu, 8 Januari 2020, merupakan hari pertama ia masuk kantor sebagai seorang pejabat. 
 
"Setahu kami anaknya (Tika) biasa-biasa, tidak begitu menonjol kalau untuk urusan pekerjaan. Karena, ia sebelumnya staf biasa, jadi kami tidak terlalu memperhatikan," kata seorang pegawai Bapenda Riau mewanti-wanti namanya tidak ditulis media.
 
Pegawai tersebut kemudian melanjutkan, apakah patut dan layak Tika menjabat sebagai Kasi Retribusi, akan ditentukan dengan kinerjanya usai dilantik sebagai pejabat. 
 
"Kita lihat ajalah nanti kinerjanya seperti apa setelah diberikan jabatan," tuturnya. 
 
Pegawai Bapenda Riau ini tidak kaget dengan penunjukan menantu orang nomor 1 di Riau guna menduduki jabatan di Bapenda. Apalagi, selama ini Bapenda dianggap sebagai tempat "Basah". 
 
"Dia (Tika) kan menantu Gubernur, wajar ajalah kalau diberikan jabatan," ujarnya.
 
Seperti diketahui, pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau menjadi polemik ditengah masyarakat. Sebab ada sejumlah orang dekat Gubernur Riau, Wagub Riau Edy Natar Nasution dan Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid ikut diberikan jabatan dan dilantik bersama 737 pejabat eselon III dan IV lainya.
 
Selain menantu Syamsuar bernama Tika Rahmi Syafitri, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution juga melantik beberapa orang dekatnya, termasuk kemenakannya. 
 
Di antara orang dekat Gubernur Riau, ikut dilantik adalah dua ajudannya, Raja Jehan Saputra sebagai Kabubag Hubungan Keprotokolan dan Alfi Sukrila di posisi Kasubag Tamu Biro Adpim Setdaprov Riau.
 
Selain itu, masih ada satu nama lagi, Yogi, ajudan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya. Yogi dilantik menduduki jabatan Kasubag Penggunan Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Biro Umum Setdaprov Riau. (*)