Executive Director CPI Beri Kuliah Umum di UIR

Don-Stelling.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/CHEVRON)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Executive Director PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) Don Stelling menjadi narasumber dalam program kemitraan University Relationship Program (URP) yang ditaja PT CPI dan Universitas Islam Riau (UIR).

Dalam acara yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Rektorat UIR, Don berbagi ilmu dan pengalamannya melalui kuliah umum dengan tema Building a competitive career path di depan lebih dari 200 mahasiswa dan dosen jurusan teknik perminyakan UIR, Senin, 23 Desember 2019.

Don Stelling menyampaikan pentingnya memiliki berbagai kompetensi untuk menapaki karir di dunia energi. Industri energi sangat diperlukan memajukan dunia dan mendorong kemajuan manusia.

Di era pembangunan keberlanjutan, tuturnya, minyak dan gas (migas) tetap akan memainkan peran kunci dalam pasokan energi di masa datang.

Spektrum industri migas, mulai hulu hingga hilir, mencakup kegiatan yang kompleks, bukan hanya dari sisi teknis, tapi juga non-teknis. Untuk membangun karir lebih baik mencapai posisi puncak, praktisi migas selain harus ahli di bidang engineering, juga perlu menguasai keterampilan berhubungan dengan orang lain (human skill).

“Untuk membangun human skill, Anda tidak harus menunggu hingga Anda berada di posisi supervisor. Anda harus memulainya dari sekarang," tuturnya.

Don Stelling di UIR

 

 

Ia juga menjelaskan, harus ditemukan peluang dapat membantu mengasah human skill, antara lain berpartisipasi dalam kegiatan organisasi mahasiswa, membangun jaringan dengan industri dan institusi profesional, misalnya SPE dan IATMI.

"(Tak hanya itu) aktif ikut serta dalam kompetisi siswa, forum teknis, program magang, dan terlibat proaktif dalam organisasi komunitas di sekitar lingkungan Anda,” papar Don Stelling.

Kuliah umum tersebut juga dihadiri Wakil Rektor III UIR, Rosyadi, Kepala Program Studi Teknik Perminyakan UIR Muslim, dan Manager Corporate Affairs Asset South PT CPI, Wan Dedi Yudhistira, berlangsung meriah.

Mahasiswa peserta kuliah dengan antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan. “Yang disampaikan oleh Pak Don tadi membuka cakrawala baru dan pandangan yang lebih luas tentang industri migas bagi mahasiswa,” kata Muslim, Kaprodi Teknik Perminyakan UIR.

Mahasiswa penerima manfaat program URP Chevron juga melakukan sharing session kepada peserta kuliah umum. Selama 2019, program hasil kolaborasi PT CPI dan UIR ini telah berhasil memberangkatkan sejumlah mahasiswa ke Vietnam, Jepang dan Korea Selatan. 

Program ini akan terus berlanjut hingga tahun 2020 mendatang. Selain UIR, Chevron juga mendukung program URP di beberapa universitas lainnya di Riau, misalnya melalui penandatanganan perjanjian antara universitas di Jepang dan Universitas Riau (UNRI), pelatihan AutoCAD di Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan pelatihan praktikum laboratorium umum di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Setelah kuliah umum, Don Stelling mengunjungi Migas Center UIR beberapa hari lalu diresmikan Gubernur Riau. Migas Center terbesar di Indonesia ini akan menjadi pusat kegiatan edukasi bagi mahasiswa, pelajar dan masyarakat dikemas melalui tampilan audio visual, alat pamer, kunjungan khusus, diskusi dan seminar serta fokus group terkait industri migas atau keterampilan human skill lainnya.

PT CPI merupakan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com.