Ujian CAT CPNS Kuansing Digelar Antara 27 Januari - 28 Februari 2020

Test-CPNS.jpg
(liputan6.com)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jadwal ujian tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berbasis Computer Assisted Test (CAT) akan digelar tanggal 27 Januari - 28 Februari 2020.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelantihan (BKPP) Kabupaten Kuansing, Hendri Siswanto mengatakan, jadwal ujian CAT CPNS Kuansing tersebut sudah dikonfirmasi melalui Kantor Regional (Kanreg) XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pekanbaru.

"Alhamdulillah kini baru keluar dari gedung Kanreg XII BKN Pekanbaru. Informasi sementara jadwal ujian CAT akan digelar antara tanggal 27 Januari -28 Februari nanti," ujar Hendri yang tengah berada di Pekanbaru, Kamis 19 Desember 2019.

Hendri mengatakan, untuk tanggal pastinya memang belum disampaikan pihak Kenreg XII BKN Pekanbaru,"tadi sudah kita tanyakan kapan pastinya, kata mereka belum tahu tunggu aja dulu," ujar Hendri menirukan.

Jadi kata Hendri, untuk jadwal pasti kapan ujian CAT ini dilaksanakan memang belum ada diberi kepastian oleh pihak BKN di Pekanbaru. Apabila sudah ada tanggal pastinya akan diumumkan nantinya.

Hendri mengatakan, ujian CPNS menggunakan CAT nanti akan dilaksanakan selama 7 hari. Ini mengingat banyaknya jumlah peserta yang mendaftar dan lulus seleksi administrasi. "Mulainya kita masih menunggu jadwal BKN, karena server mereka yang punya," katanya.

Hendri menuturkan, dilihat dari jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi, ujian menggunakan sistem CAT nanti akan dilakukan satu hari 5 sesi. Satu sesi kata Hendri, itu akan diikuti 200 peserta.

"Perangkat kita ada 200 unit, jadi satu sesi nanti akan diikuti 200 peserta, kalau lima sesi satu hari jumlah peserta yang akan ikut ujian 1.000 orang," katanya.

Sementara jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi CPNS Kuansing jumlahnya ada 6.487 orang. "Maka ujian akan dilaksanakan selama 7 hari kurang setengah hari," kata Hendri.

Untuk lokasi ujian CPNS online CAT (Computer Assisted Test) ini rencananya akan menggunakan aula SMAN Pintar Teluk Kuantan. Pemkab sendiri juga sudah memastikan tidak akan melakukan simulasi CAT bagi peserta CPNS Tahun 2019.

CPNS Tahun 2019 ini, Kuansing hanya mendapatkan kuota 260 formasi dengan rincian 139 tenaga guru, 79 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis. Jumlah tersebut akan diperebutkan sekitar 6.487 yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

-->