Dapat Banyak Kucuran DAK 2020, Kuansing Bangun 12,4 Km Ruas Jalan

PU-Kuansing.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tahun 2020 mendatang, sepanjang 12,4 Kilometer ruas jalan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akan dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing, Ade Fahrer didampingi Kepala Bidang Bina Marga Jafrison mengatakan, ruas jalan yang akan dibangun menggunakan DAK sudah disetujui oleh pusat.

"Untuk DAK Jalan ini kita nomor tiga di Riau setelah Kota Pekanbaru dan Siak. Nomor tiga paling banyak mendapatkan kucuran DAK Tahun 2020," ujar Ade Fahrer kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 2 Desember 2019.

Tiga ruas yang akan dibangun menggunakan DAK tahun 2020 diantaranya menuntaskan peningkatan pembangunan ruas jalan Seberang Taluk- Siberobah dan Siberobah-Sangau.

Di mana tahun ini dibangun dari Sangau-Banjar Guntung. Dan tahun 2020 nanti akan dibangun mulai sambungan Banjar Guntung-Siberobah.

"2020 ruas Seberang Taluk-Sangau ini ditargetkan tuntas, dan tahun depan akan dibangun aspal sepanjang 6,5 kilometer mulai sambungan Banjar Guntung-Siberobah," ujar Ade.

Kemudian ruas yang akan dibangun menggunakan DAK Tahun 2020 adalah ruas Simpang Pangkalan-Muara Petai sepanjang 1,4 kilometer.

"2019 ruas jalan ini juga dibangun 1 kilo, dan tahun depan akan dibangun lagi sepanjang 1,4 kilo, sehingga menyambung sampai Muara Petai," kata Ade.

Terakhir ruas jalan Baserah-Perhentian Luas sepanjang 4,5 kilo. "Ini rencana akan dibangun dari Desa Sikijang menuju Desa Teratak Rendah," katanya.

Di mana panjang ruas jalan Baserah-Perhentian Luas ini mencapai 17 kilometer. Apabila dibangun aspal tahun depan maka tinggal sekitar 3 kilometr lagi yang akan kita bangun jalan aspal.

"Tahun berikutnya akan dilanjutkan menuju Simpang Teratak Baru - Sikijang. Insyaallah 2021 bisa tuntas," pungkasnya.