Kasihan, Akibat Gizi Buruk Bocah 3 Tahun Ini cuma Punya Berat 9 Kilogram

Bayi-gizi-buruk.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Fikri Kurniawan terbaring lemah di tempat tidur RSUD Selasih Pangkalin Kerinci. Tubuhnya yang kurus dan perutnya yang sedikit membesar mengindikasikan bahwa dia adalah penderita gizi buruk. Sebelumnya rumah sakit pelat merah ini juga sudah merawat bayi dengan gejala yang sama.

Hasil pemeriksaan sementara tim dokter, warga Desa Penarikan Kecamatan Langgam itu mengalami gizi buruk.

"Pasien masuk pada Jumat lalu oleh keluarganya. Sampai saat ini masih di bawah observasi dokter," ungkap Kepala Bidang Keperawatan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, Ramdani Kamal, Selasa 19 November 2019.

Ramdani membeberkan, kondisi Fikri saat dibawa ke RSUD cukup memprihatinkan. Berat badannya hanya 9,7 kilogram padahal usianya sudah tiga tahun dan seharusnya sudah mencapai 12 sampai 13 kilogram.

Perutnya sedikit membesar dari anak-anak biasanya diduga akibat penyakit yang diidapnya.

Indikator Fikri menderita gizi buruk terlihat dari HB darahnya sangat rendah hingga albumin atau proteinnya juga rendah.

Hingga tiga hari menjalani perawatan, kondisi Fikri belum stabil dan butuh perawatan intensif dari dokter.

"Sebenarnya ada wacana akan dirujuk ke Pekanbaru, tapi kita lihat dulu beberapa hari ini bagaimana perkembangannya," tambah Ramdani.

Fikri merupakan pasien gizi buruk yang kelima yang dirawat di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci dalam dua bulan terakhir.

Usia pasien beragam mulai dari tujuh bulan sampai tiga tahun dengan kondisi yang beragam. Tapi seluruh pasien sudah kembali pulang ke rumah dan kondisinya sudah normal.