BPS Bakal Lakukan Sensus Penduduk Berbasis Online

sensus-online.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau akan membuat terobosan baru dalam melakukan sensus jumlah penduduk pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Riau, Ahmad Azhari, mengatakan, jika pada tahun 2010 lalu sensus penduduk dilakukan dengan cara tradisional maka pada tahun 2020 akan beralih ke sistem online.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, ujar Ahmad, sudah saatnya sensus penduduk dilakukan dengan cara online seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju lainnya, apalagi negara tetangga Malaysia juga sudah menerapkannya.

Diakui Ahmad, memang sistem online tidak akan terlalu memaksakan sistem online, namun hanya diberlakukan kepada masyarakat yang mau dan bisa saja.

"Negara Malaysia sudah menerapkan sistem online dalam pelaksanaan sensus dan tingkat partisipasi mereka sebesar 30 persen, makanya kita tergetkan juga 30 persen," tegas Ahmad dalam acara Focus Group Discussion Satu Data Kependudukan di Pekanbaru, Jumat, 15 November 2019.

Adapun sensus online akan dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2020 mendatang.

Bagi masyarakat yang tidak melakukan sistem sensus secara online, maka petugas sensus akan mendatangi warga atau dengan kata lain menggunakan sistem tradisional.

Untuk itu, Ahmad menyarankan bagi masyarakat yang tidak ingin ambil pusing soal sensus ini, bisa mengisi secara online sehingga tidak perlu disensus secara tradisional.

"Kalau sistem tradisional ini kan banyak memakan biaya ya. Apalagi, kadang petugas sensus juga kesulitan menemui responden. Makanya dengan sensus online ini, masalah-masalah seperti itu diharapkan bisa diatasi," pungkasnya.

Demi meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap sensus online, BPS saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi dengan melibatkan semua unsur baik tokoh masyarakat maupun media massa.

"Ini masih dikaji oleh pemerintah pusat, tapi kami akan tetap terus bersosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara ikut sensus online Nanti di bulan Januari akan lebih dirincikan teknisnya," tutupnya.

Adapun sensus pada tahun 2020 ini, BPS mengusung tema #MencatatIndonesia.

Sebagai gambaran, sistem sensus online ini tampak mudah bagi mereka yang sudah berinteraksi dengan dunia internet.

Masyarakat hanya tinggal membuka laman resmi sensus.bps.go.id dan melakukan login, kemudian masyarakat bisa mengisi keterangan kependudukan dan perumahan secara lengkap.

Masyarakat tidak perlu cemas karena kerahasiaan data mereka akan dijamin oleh undang-undang.

Setelah semua form terisi, masyarakat tinggal mengeprintnya sebagai bukti bahwa telah berpartisipasi dalam sensus online.