Berikut Tips Agar Bisa Lulus Tes CPNS Bagi Peserta Kuansing

Pemberkasan-CPNS-Guru-Rohul.jpg

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau ini ada beberapa tips umum supaya bisa lulus menjadi PNS.

Dimana Pemerintah Kabupaten Kuansing sudah melakukan pengumuman penerimaan CPNS Tahun 2019 melalui website resmi milik Pemkab Kuansing, Senin, 11 November 2019. Pendaftaran CPNS di Kabupaten Kuansing mulai dibuka Kamis (hari ini,red).

Untuk kuota sendiri, Kuansing mendapatkan 260 formasi CPNS dengan rincian 139 tenaga guru, 79 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis.

Untuk bisa lulus menjadi CPNS ada beberapa tips yang diberikan oleh mantan lulusan CPNS Tahun 2018 lalu, apa saja tipsnya simak berikut ini?

Mira salah seorang lulusan CPNS Tahun 2018 lalu memberikan tips agar bisa lulus menjadi PNS. Mira memaparkan yang terpenting mengikuti ujian CPNS ini adalah ketepatan dan kecepatan.

"Sebelum ujian sebaiknya pelamar harus rajin latihan, tapi belajarnya harus pakai waktu," ujar Mira saat bincang-bincang dengan RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 13 November 2019.

Untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memang ada tiga bidang yang akan diuji, pertama Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Mira menyarankan untuk belajar sebelum mengikuti tes CPNS sebaiknya kurangi membeli buku karena menurutnya cara ini akan menghabiskan duit.

"Belajar online saja, cari aplikasi untuk belajar. Kalau sudah dapat soal-soalnya baru di print dan belajar la menggunakan waktu," saran Mira.

Soal yang diprint tersebut juga harus memiliki jawaban.

"Jadi yang diprint itu soal yang sudah ada jawaban, nanti kita belajar dari situ mengerjakannya menggunakan waktu," katanya.

Belajar menggunakan waktu yang dimaksud Mira adalah, contoh apabila waktu yang diberikan dalam tes CPNS nanti hanya satu jam, maka belajar la mengerjakan soal dalam waktu satu jam.

Menurut Mira, biasanya contoh soal tes CPNS diaplikasi online tersebut memiliki banyak kesamaan, namun kadang hanya angka dan jawaban yang berbeda.

"Jadi soal di internet itu biasanya memiliki banyak kesamaan dengan soal yang ada saat kita ikut tes CPNS, cuma kadang jawabannya yang tidak sama," katanya.

Ia menyarankan, kalau bisa soal yang kita pelajari di aplikasi online dipelajari secara keseluruhan dan jangan separoh-separoh dipelajari. Karena memang saat ujian nanti kadang yang kita pelajari seluruhnya itu ada yang masuk.

Selain itu katanya, untuk belajar menyelesaikan soal tes CPNS ini harus banyak memiliki trik,"harus banyak triknya, jangan hanya terpaku satu trik saja, kalau bisa soal-soal ini dipelajari dengan trik berbeda dengan tujuan cepat dan tepat waktu," pungkasnya.

Mira mengaku saat ujian tes CPNS Tahun 2018 lalu merasa kesulitannya karena waktu yang singkat. Maka ia menyarankan kepada peserta yang akan ikut supaya belajar menggunakan waktu.

Selain belajar dari soal-soal yang diambil dari aplikasi online, untuk tes kepribadian Mira menyarankan agar peserta yang ikut nanti banyak belajar di youtube. "Untuk kepribadian ini banyak di youtube, belajar disana," katanya.

Dengan diturunkannya passing grade pada tahun ini menurut Mira, kepada peserta yang ikut jangan lagi sekedar untuk bisa mencapai nilai passing grade, tapi harus mencari nilai setinggi-tingginya untuk bisa lulus.

"Karena pasti banyak belajar dari tes tahun sebelumnya, maka kalau bisa jangan nanti lulus dengan nilai pas-pasan, kalau bisa lulus dengan nilai tertinggi," katanya.

Mira merupakan satu-satunya peserta yang lulus dalam formasinya saat tes CPNS 2018 lalu. Dimana dari 19 jumlah peserta yang memperebutkan satu formasi tersebut, hanya dia yang lulus.

"Terakhir selain belajar dengan waktu, juga yang terpenting ada Ridho dari orang tua itu sangat penting, yang kedua mungkin keberuntungan," pungkasnya.