Takut Rusuh, Sukarmis Minta Agung Nugroho Sambut Massa Demo

Kawat-Berduri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/NABILA DELVIONA ADISRI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua DPRD Riau sementara Sukarmis mengaku takut dengan potensi rusuh yang diperkirakan terjadi dalam aksi unjuk rasa di kantor DPRD Riau hari ini, Senin, 30 September 2019.

Pasalnya, sebelumnya di provinsi tetangga Sumatera Barat terjadi kerusuhan hingga mahasiswa berhasil mengobrak-abrik kantor DPRD Sumbar hingga sejumlah fasilitas rusak.

"Kemarin di Padang, yang demo mahasiswa itu sudah masuk ke paripurna. Sampai di Paripurna di rusak dan dihabisi kursi serta lemari. Kalau kita beri masuk, nanti terjadi begitu gimana?," kata politisi senior ini.

Sukarmis menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian sambil berharap mahasiswa bisa menyampaikan aspirasi dengan santun tanpa harus bersikap anarkis dan brutal.

"Rusuh ini yang bikin kami takut. Kami tak berani. Silahkan polisi saja yang menunggu," tambahnya.

 

Disinggung siapa yang akan menyambut mahasiswa, Sukarmis mengaku akan menggelar rapat dahulu.

"Nanti kami rapat, ada tidak yang mau kesana? Agung (Agung Nugroho) lah yang berani nanti tu, saya pun baru dapat info kalau yang demo ribuan orang," tuturnya.

Demo rusuh, jelasnya, tergantung kepada mahasiswa, kalau mahasiswa demo anarkis tentu polisi tak bisa menahan. Makanya ia berharap agar mahasiswa tak brutal, agar kepolisian juga tidak brutal.

"Sampaikan aspirasi yang baik sajalah, kita bawa ke paripurna kapan perlu nanti," tutupnya.