Begini Penampakan Bendera Merah Putih 74 Meter di Sungai Subayang

bendera-merah-putih-subayang.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekitar 100 peserta mengikuti kegiatan peringatan 74 Tahun Indonesia Merdeka di Sungai Subayang, Bukit Rimbang Bukit Baling, Kampar, Riau.

Peserta yang terdiri dari komunitas pencinta alam, mahasiswa pecinta alam dari berbagai kampus dan masyarakat setempat mengikuti kegiatan yang dimotori oleh Balai Besar KSDA Riau bekerjasama dengan Laskar Penggiat Ekowisata Riau, 17 Agustus 2019.

Mereka terlihat sangat antusias mengibarkan bendera di atas 6 piau (sampan kayu panjang bermesin khas Rimbang Baling) yang membawa mereka dari Tanjung Belit menuju Pulau Sidu dimana mereka melakukan upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74.

Pulau Sidu berada dipersimpangan Sungai Subayang dan Sungai Sidu, dimana aliran di sungai tersebut cukup deras.

Pengibaran bendera dilakukan dengan khidmat diikuti nyanyian Indonesia Raya dari para peserta upacara yang masing masing membawa satu bendera merah putih.

Setelah itu peserta melakukan formasi dengan mengibarkan bendera merah putih sepanjang 74 meter mengelilingi pulau tersebut dan secara bersama sama membawanya turun ke sungai yang airnya sangat jernih.

Menjelang senja para peserta meninggalkan pulau untuk menginap di Camp WWF. Malam harinya diadakan bincang santai konservasi dan keesokan harinya secara bersama sama menyaksikan acara adat pembukaan Lubuk Larangan Desa Tanjung Belit.

"Kami berharap kegiatan yang diadakan akan menambah kecintaan generasi muda kepada NKRI," Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono. (**)