DPRD Riau Tak Masalah Ke Luar Negeri, Tapi Harus Bertanggung Jawab Pada Masyarakat

kritik-dewan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengamat pemerintahan Adlin Ajunda menilai tidak ada yang salah dengan perginya sejumlah anggota DPRD Riau ke luar negeri, sebab Indonesia sendiri masih menjadi negara berkembang.

Untuk itu, sudah selayaknya apabila para wakil rakyat ini terbang ke luar negeri agar bisa mencontoh negara maju yang minimal memiliki karakteristik sama dengan Indonesia.

Namun, selama ini perginya anggota DPRD Riau selalu dipandang sebagai jalan-jalan dan plesiran oleh sejumlah LSM maupun mahasiswa.

"Masyarakat tidak salah berpikir begitu, karena dia melihat selama ini begitu, karena tidak ada kejelasan dari DPRD nya, harusnya DPRD Riau berani menjelaskan ke masyarakat," kata Adlin, Senin, 8 Juli 2019.

 

DPRD Riau, sambung Adlin, harus bertanggungjawab kepada masyarakat sebab anggaran mereka ke luar negeri diambil dari APBD yang merupakan hak masyarakat.

"Caranya ya kalau kembali ke Indonesia, harus menjelaskan apa yang dilakukan di sana? apa yang didapati? apa manfaatnya? bagaimana menerapkan di sini? bagaimana output nya untuk masyarakat?," jelasnya.

Makanya, lanjut Adlin, DPRD Riau tidak perlu takut bersuara kepada masyarakat, sebab masyarakat pasti akan bisa menerimanya.

Dan kritikan saat ini menurut Adlin cukup bagus karena masyarakat yang kritis merupakan kemajuan bagi suatu daerah.

"Yang ditakutkan nanti, kunjungan ini tidak jelas kaitannya ke mana, misalnya isu di Riau adalah gambut, mereka malah pergi ke Amerika yang gak ada gambut. itu kan jadi pertanyaan di masyarakat, jadi tujuannya harus dijelaskan ke masyarakat," tuturnya.

"Intinya harus ada komunikasi dengan masyarakat, mereka kan punya humas. kita harus menghindari pro kontra di tengah masyarakat," tutupnya.