Aktual, Independen dan Terpercaya


Baunya Memang Tak Sedap, Ini Manfaat Luar Biasa Mengkudu Untuk Kesehatan

buah-mengkudu.jpg
(net)

RIAUONLINE - Bagi orang Indonesia mungkin tidak asing dengan buah satu ini. ya..mengkudu namanya, buah berwarna putih kekuningan dengan bercak kasar ini dikenal dengan baunya yang tak sedap dan rasanya pahit. Hal itu mula menyebabkan banyak orang menhindari buah ini untuk dikonsumsi.

Namun sebenarnya, ada banyak khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan bila mengkonsumsi buah mengkudu ini.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sangat beragam. Mulai dari penyakit ringan yang tidak berbahaya hingga penyakit-penyakit yang berat dan berbahaya bisa dicegah dan disembuhkan dengan mengonsumsi buah mengkudu yang seringnya dijadikan lahan jus ini.

Berikut Liputan6.com-jejaring RIAUONLINE rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/6/2019) tentang manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

1. Mengatasi demam

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat mengatasi demam. Hal ini disebabkan oleh sifat antivirus yang dimiliki oleh buah mengkudu dapat membantu mengatasi demam, nyeri, hingga batuk. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu dengan teratur setiap harinya, maka kamu bisa selalu menjaga kesehatan tubuh.

2. Menurunkan risiko encok

Manfaat buah mengkudu selanjutnya adalah bisa menurunkan risiko encok. Mengonsumsi jus buah mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok. Encok sendiri merupakan salah satu jenis peradangan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi.

3. Mengobati arthritis

Selain dapat mengatasi demam, jus buah mengkudu juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis. Bahkan mengonsumsi buah mengkudu juga bisa sekaligus mengurangi kerusakan sendi yang terjadi ketika terkena arthritis.

Hal ini berkaitan dengan sifat analgesic dari buah mengkudu. Bahkan khasiat analgesic dari buah mengkudu ini sebanding dengan obat analgesic resep yang biasnaya digunakan untuk mengobati rasa sakit dalam taraf sedang sampai parah.

Tidak hanya dikonsumsi saja, membungkus daun mengkudu segar di sekitar daerah yang bermasalah bisa juga meredakan radang sendi, bengkak dan rasa sakit akibat arthritis.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena buah mengkudu ini memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, hingga anti histamine yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh dalam kandungan scopoletin.

Bahkan sifat anti bakteri pada buah mengkudu ampuh mengatasi bakteri penyebab gangguan pencernaan dan saluran kencing serta penyebab infeksi kulit dan tulang.

5. Mengurangi stres

Manfaat mengkudu bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi stres. Hal ini bisa terwujud bila kamu meminum jus mengkudu disertai dengan berolahraga secara rutin, seperti melakukan yoga ataupun meditasi. Buah mengkudu dapat mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak seseorang.

6. Mencegah kanker

Buah mengkudu juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

7. Menghindari kerusakan akibat stroke

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, buah mengkudu dapat membantu kamu dalam menghindari kerusakan otak akibat terserang stroke. Hal ini masih berkaitan dengan kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam buah mengkudu ini.

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Orang yang senantiasa secara teratur meminum jus mengkudu setiap harinya akan mengalami kerusakan otak lebih sedikit daripada orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Jadi kamu bisa mengonsumsi buah ini secara teratur agar dapat menghindari kerusakan akibat stroke.

8. Menurunkan kolesterol

Bagi kamu yang mengalami kenaikan kolesterol, buah mengkudu merupakan salah satu solusi yang sangat bagus. Bahkan naiknya kolesterol ini bisa menjadi faktor risiko utama terjadinya penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Jus mengkudu bisa mengurangi kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi, dimana lipoprotein tersebut merupakan jenis kolesterol yang baik.

Jadi walaupun rasanya sangat pahit dan baunya sangat tajam, terdapat banyak sekali manfaat yang didapat bila mengonsumsi buah mengkudu. Tentunya kamu tidak akan rugi bila mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur.