Aktual, Independen dan Terpercaya


Warung Kecil diajak Melek Teknologi dan Dibantu Permodalan

Pelatihan-manajemen-ritel.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan Alfamart membantu usaha mikro masyarakat melalui bantuan permodalan. Kucuran modal ini didukung oleh Toko Modal dari PT Toko Modal Mitra Usaha bekerjasama dengan pemilik warung kecil yang sudah menjadi mitra Alfa Mikro, program pemberdayaan warung milik Alfamart.

Program ini juga sekaligus mengajak pelaku usaha mikro kecil (UMK) untuk memanfaatkan teknologi digital. Caranya dengan unduh di Play Store dan memberikan kemudahan bagi pemilik warung untuk memesan barang yang diinginkan.

"Aplikasi Alfa Mikro sederhana dan sudah sangat mempermudah pemilik warung yang jadi member kami. Kini semakin dipermudah dengan support pinjaman modal dari Toko Modal. Pesan dulu semua barangnya, bayar belakangan," tutur Firly Firlandi, Regional Corporate Communication Manager Alfamart di sela-sela pelatihan manajemen ritel bagi pedangang eceran UMK di Kota Pekanbaru, Kamis (27/9).

Mengusung tagline "Sahabat Usaha Mikro untuk Rakyat", Alfa Mikro dan Toko Modal memastikan banyak keuntungan bagi pemilik warung yang bergabung menjadi mitra. "Artinya, ada jeda waktu untuk memutarkan barang dagangan. Sangat cocok untuk membantu usaha mikro," tambah Firly.

Ario, pedagang eceran di Sukakarya Pekanbaru yang sudah 3 tahun menjadi mitra warung binaan Alfamart, mengaku terkesan dengan program tersebut. Melalui aplikasi besutan Alfamart dan bantuan permodalan yang disediakan Toko Modal, akan sangat membantu untuk usahanya. Kalau biasanya ia dulu harus menyiapkan dan memutar modal yang dimiliki, kini ia terbantu dengan modal yang didukung Toko Modal.

Dulu dananya harus diputar-putar dulu. Sekarang Ario bisa sedikit lega. Bisa order barang dulu. Modal dibantu, barang diantar.

Syarat bagi pemilik warung yang ingin bergabung menjadi member sangat mudah. Keuntungannya, memesan barang mudah dan cepat, pendanaan eksklusif dengan biaya terjangkau dan pembayaran tagihan mudah di toko Alfamart.

"Simulasinya, misalnya pemilik warung ingin berbelanja barang senilai Rp 1 juta. Dengan tenor 14 hari, maka biaya modal per hari sebesar Rp 721. Artinya total biaya selama 14 hari hanya Rp 10.101," imbuh Firly.

Sementara itu, dalam sesi pelatihan manajemen ritel tersebut, peserta yang umumnya adalah pedagang eceran mendapatkan pengetahuan materi terkait teknik menata barang, pengetahuan produk, cash flow, hingga melayani konsumen.

Hingga kini, program warung mitra binaan Alfamart telah diaplikasikan di berbagai kota termasuk di kota Pekanbaru dengan jumlah 300 warung binaan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id