8 Kota di Riau Jadi Layak Anak, Gubri Janji Kurangi Iklan Rokok

Gubri-Andi-Racman2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman berjanji akan mengurangi iklan-iklan yang berdampak buruk pada perkembangan tumbuh anak. Seperti peredaran iklan rokok yang berada di jalanan.

Maraknya pelanggaran yang dilakukan oleh iklan rokok yang bertebaran di jalanan membuat ratusan anak yang menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Riau geram.

Padahal syarat Kota Layak Anak (KLA) salah satunya ialah adanya pembatasan iklan dan promosi produk tembakau sampai pembatasan sponsor kegiatan. Hal ini mengingat, delapan kabupaten dan kota di Riau sudah dinobatkan sebagai kota layak anak. Delapan kota itu adalah Pekanbaru, Dumai, Kampar, Siak, Inhil, Inhu, Pelalawan dan Bengkalis.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Gubri Inginkan 4 Kabupaten Jadi Kota Layak Anak

"Secara pelan-pelan, iklan yang merugikan masyarakat kita akan dikurangi. Itu langkah program kedepan," katanya, Kamis, 30 Agustus 2018.

Selain mengurangi bahaya rokok melalui promosi-peomosi di jalanan, dirinya akan menambah iklan-iklan layanan masyarakat terutama imbauan untuk menjauhi peredaran narkoba.

"Harapan lainnya adalah iklan untuk mengingatkan bahwa Riau menjadi provinsi kota dan kabupaten layak anak seperti iklan bahaya narkoba akan terus kita tingkatkan," tegasnya.

Klik Juga: Untuk Ke-4 Kalinya, Siak Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Selain iklan layanan masyarakat, Pemerintah Provinsi Riau juga sudah lebih maju selangkah dalam menjadikan kota Pekanbaru layak untuk perkembangan tumbuh kembang anak.

"Sebagian besar semuanya itu sudah kita lakukan. Seperti pelayanan publik. Di RSUD Arifin Achmad sudah ada tempat sarana anak bermain. Artinya perhatian pemerintah sudah ada. Kemudian kita juga sudah membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang kita buat 2 tahun yang lalu merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id