Menyongsong Musprov IV, PSMTI Riau Sosialisasi dan Terima Nama Calon Ketua

PENG.jpg
(IM)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka menyongsong Musyawarah Provinsi IV, Paguyuban Marga Tionghoa Indonesia Provinsi Riau mengadakan ramah tamah dan sosialisasi PSMTI Riau. Dalam kesempatan itu, panitia akan menerima masukan dari tokoh-tokoh Tionghoa dan masyarakat Tionghoa perwakilan untuk mengusung perwakilannya menjadi Ketua yang baru pada MUSPROV IV November mendatang.

Temu ramah ini diadakan tiap tahun setiap akhir Desember. Namun ramah tamah kali ini berbeda, mengingat masa kepengurusan PSMTI Riau yang dipimpin Peng Suyoto akan berakhir. Hal ini dikatakannya saat diwawancarai di Hotel Ameera, Kamis 9 Agustus 2018.

Didampingi Ketua Pelaksana acara Stephen Sanjaya dan Humas PSMTI Riau Ketjing, Peng Suyoto mengatakan menurut anggaran dasar dan rumah tangga PSMTI, ia tidak boleh terpilih kembali atau menjabat sebagai ketua lagi. Sebab, Peng sudah menjabat dua kali periode dengan posisi yang sama.

Ia katakan bahwa sebagai Ketua yang berhasil, ia juga harus mempersiapkan penggantinya dari kader-kader yang juga sudah siap untuk mengabdikan dirinya dalam organisasi tersebut. Untuk itu, pada akhir acara ramah tamah akan di usulkan masing-masing kelompok organisasi di dalam paguyuban tersebut untuk mengusung calon mereka menjadi ketua yang baru dan juga pengurus daerah PSMTI.

Peng memaparkan bahwa meskipun tahun ini hingga tahun depan adalah tahun politik, dalam ramah tamah dan sosialisasi itu ia meminta masyarakat suku Tionghoa tetap menjalankan visi dan.misinya sebagai tujuan dari organisasi, yakni selalu bermasyarakat, memantapkan jati diri, selalu mendukung misi sosial PSMTI, masuk dalam aspek kehidupan bangsa.

Sedangkan untuk semua itu, meskipun bangsa Indonesia sedang menjalani tahun politik,ia mengingatkan kembali bahwa PSMTI sejak berdirinya bukanlah organisasi partai politik. Dengan tegas ia mengatakan bahwa semua harus memegang komitmen tersebut.

"Sejak awal berdiri,PSMTI berkomitmen bukan partai politik,dan komitmen tersebut hingga kini masih terjaga."ujarnya.

Dalam kesempatan itu Peng juga mengatakan bahwa ia juga sudah terpilih menjadi wakil ketua di kepengrusuan PSMTI pusat. Ia paparkan dari 16 wakil ketua di kepengrusan pusat, kini sudah ada untuk bidang mengatasi maraknnya perkembangan media digital dan permasalahnnya, mengingat segala sesuatu tentang informasi, publikasi dan permasalahnnya juga kini menjadi isu yang sangat penting terutama dalam1 keberagaman, maka PSMTI juga telah melahirkan sub struktur baru dalam menangani hal itu.

Sementara seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa nama-nama calon yang dipastikan masuk dalam bursa kandidat ketua adalah Stephen Sanjaya, Sarkawi dan lainnya. Namun pada November nanti nama yang muncul akan diketahui kepastian siapa ketua pengganti Peng Suyoto untuk PSMTI kedepan. (im)