Baznas Siak Beri Pelatihan Kewirausahaan untuk KPK

Baznas-siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Sebanyak 38 mustahik sebagai pelaku usaha yang tergabung dalam Komunitas Pedagang Keliling (KPK) kecamatan Tualang diberikan pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan penghasilannya.

"Ini adalah salah satu program Baznas Kabupaten Siak untuk meningkatkan perekonomian para mustahik khususnya pelaku usaha pedagang keliling," kata Ketua BAZNAS Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto di aula kantor Penghulu Tualang, Kamis, 9 Agustus 2018.

Rasyid menjelaskan bantuan modal usaha yang diberikan kepada pelaku usaha telah dialokasikan dalam zakat produktif dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan para pelaku usaha.

"Selain itu bantuan yang diberikan adalah untuk memberi dorongan kemandirian ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Dijelaskannya, dana zakat yang tergabung dalam zakat produktif ini tidak saja digunakan untuk para pedagang keliling semata, akan tetapi bagi mustahik yang punya usaha, baik itu petani, maupun perikanan, dan lain-lain.

"Saya berharap peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik dan serius sehingga kelak bisa jadi pengusaha yang berhasil," pungkas Rasyid.

Pemerintah Kecamatan Tualang mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS Siak yang telah memberikan perhatiannya berupa bantuan modal usaha kepada masyarakat Tualang dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Baznas Siak karena peduli kepada pelaku usaha di Tualang," ujar Camat Tualang Zalik Effendi.

Ia mengimbau KPK agar serius dan aktif mengikuti pelatihan kewirausahaan ini. Ia berharap bantuan usaha yang diberikan tersebut nantinya akan berhasil dan menjadi acuan bagi para pedagang dan pelaku usaha yang ada di kecamatan lain.

Tak hanya itu Zalik juga berharap agar para KPK yang telah di bantu oleh BAZNAS, kedepan tidak lagi sebagai mustahik akan tetapi mereka telah menjadi muzaki atau orang yang mengeluarkan zakatnya.