KEIN: Riau 4 Besar Terbaik di Sumatera Sebagai Gerbang Gaet Wisatawan

Seminar-Literasi-Pariwisata.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)


LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia Sari Lenggogeni menyebutkan bahwa potensi wisata di Riau begitu strategis. Posisi Sumatera merupakan posisi terdekat dengan pasar Malaysia. Riau memiliki karakter-karakter yang memungkinkan menangkap lebih muda peluang pasar. Hal tersebut disampaikannya pada Seminar Literasi Pariwisata dan Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Unggulan di Daerah" yang digelar di Hotel Pengeran Pekanbaru, Rabu 8 Agustus 2018.

“Riau masuk empat besar terbaik di Sumatera sebagai gerbang menggaet wisatawan mancanegara. Selain Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Keempat provinsi ini merupakan gateaway market Asia Tenggara,” katanya.

Menurutnya, Riau perlu dukungan dan komitmen pemerintah daerah untuk terus mengembangkan sektor pariwisata. Hal tersebut karena Riau berhasil menempati posisi keempat penyumbang ekonomi industri di Indonesia. Tercatat, jumlah wisatawan yang masuk ke Riau sebanyak 40.108 orang dan memiliki dua penerbangan berbeda ke Malaysia dan Singapura setiap hari.

“Apalagi Riau sudah memiliki 10 shopping center dan 419 hotel dengan 14.138 kamar. Jadikan Riau sebagai pusat mice se Sumatera,” ungkapnya.

Kemudian Ketua Pokja Industri Pariwisata KEIN Dony Oskaria, mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi wilayah Riau menjadi daerah yang sangat butuh sentuhan pariwisata yang lebih banyak lagi. Berangkat dari hal tersebutlah, Riau kemudian menjadi tempat berlangsungnya seminar Literasi Pariwisata dan Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Unggulan di Daerah.

“Riau memiliki jumlah flight internasional yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sebelah Sumatera Barat. Kemudian kami juga melihat keberpihakan Fiskal untuk Riau juga tergolong kecil. Data tahun 2017, keberpihakan Fiskal di Riau hanya 0,06 persen," jelasnya.

Menariknya, meski keberpihakan Fiskal sangat kecil, pariwisata Riau menjadi sektor penyerap tenaga kerja ketiga terbanyak di Riau.

"Dengan penggarapan dan pengelolaan yang maksimal, sektor pariwisata nantinya juga akan bisa jadi andalan Riau," pungkasnya.

Untuk diketahui, KEIN merupakan dewan penasehat presiden di bidang ekonomi dan industri yang bertanggung jawab langsung terhadap presiden. KEIN menganalisa dan mengidentifikasi masalah dan persoalan industri di berbagai daerah untuk kemudian langsung disapaikan kepada presiden.