Incumbent Maju di Pileg, Ini Kata Pengamat

Ilustrasi-Caleg2.jpg
(NET)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengamat Politik Saiman Pakpahan memprediksi para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) incumbent yang akan maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berpotensi menang dibanding pesaingnya.

Namun, menurut dosen Komunikasi Politik Universitas Riau ini, hal tersebut akan terbalik apabila para incumbent tidak memanfaatkan kesempatan yang dimilikinya saat ini.

"Memang mereka sudah dikenal dibanding saingannya, jadi kemungkinannya lebih besar," ungkap Saiman, Rabu, 25 Juli 2018.

"Tapi kalau mereka cuma duduk saja, apabila tidak memperhatikan masyarakat di dapilnya tentu masyarakat akan berpaling pada caleg lain, ini tentu menjadi kerugian," ungkapnya lagi.

Mengenai adanya incumbent yang berpindah partai, lanjut Saiman, tidak akan terlalu mempengaruhi pilihan masyarakat, sebab masyarakat tidak berpikir sampai sejauh itu.

"Masyarakat tidak akan terpengaruh dengan partai, mereka tidak peduli dengan itu, masyarakat lebih melihat kepada individu nya," tutupnya.

Untuk diketahui, pesta demokrasi menentukan komposisi legislatif 2019 sudah memasuki tahap pendaftaran di KPU baik tingkat kota maupun provinsi.

Dari sejumlah nama yang sudah didaftarkan partai, hampir semua incumbent maju lagi untuk menjadi wakil rakyat.