Aktual, Independen dan Terpercaya


Diklaim Jet Siluman, Ternyata F-35 Israel Bisa Terpantau Publik

Tampilan-situs-pelacak-penerbangan.jpg
(twitter @ObsiL)

RIAUONLINE - Jet tempur F-35 milik militer Israel, selama ini digadang-gadang sebagai pesawat jet siluman termahal sepanjang sejarah.

Namun ternyata, jet produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) tersebut terpantau publik. Yakni di sebuah situs pelacak penerbangan yang dapat diakses publik.

Dikutip dari Sindonews.com, Rabu 25 Juli 2018, jet yang tengah diterbangkan militer Israel terdeteksi oleh situs pelacakan penerbangan Flightradar24.com.

Saat itu, jet terbang ke utara di sepanjang pantai Israel setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Nevatim pada Senin, 23 Juli 2018 kemarin.

Mengutip laporan Aviationist, pesawat jet tempur generasi kelima Amerika Serikat itu terpantau selama sekitar 1 jam saat pesawat terbang di atas laut di utara Gaza kemudian terbang ke utara untuk beroperasi di dekat Haifa.

Sekadar diketahui, situs Flightradar24.com mengandalkan jaringan beberapa ratus atau mungkin ribuan pengumpan yang menerima dan membagikan data transponder Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) dan berkontribusi dalam menumbuhkan jaringan dan mencakup sebagian besar planet ini.

Tentunya, hanya pesawat yang dilengkapi ADS-B yang terbang di dalam area cakupan jaringan yang terlihat.

Pihak Lockheed Martin maupun Pentagon belum berkomentar terkait laporan terlacaknya jet tempur tercanggih kebanggaan NATO tersebut.

Pesawat F-35 pernah dibanggakan Presiden AS Donald Trump sebagai pesawat yang mustahil dilihat orang saat terbang.

"Anda suka F-35? Anda tidak bisa melihatnya. Anda benar-benar tidak bisa melihatnya. Sulit untuk melawan pesawat yang tidak dapat Anda lihat," kata Trump dalam pidato bulan Oktober 2017.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id